Semenanjung Korea Panas Lagi! Adik Kim Jong Un Ngamuk Ancam Balas Dendam ke Korsel, Ada Apa?

Semenanjung Korea Panas Lagi! Adik Kim Jong Un Ngamuk Ancam Balas Dendam ke Korsel, Ada Apa?

Global | koran-jakarta.com | Kamis, 11 Agustus 2022 - 17:15
share

Adik perempuan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un, yakni Kim Yo Jong menuding Korea Selatan (Korsel) sebagai penyebab terjadinya Covid-19 di negaranya. Ia juga melempar ancaman ke Korsel sekaligus memperingatkan langkah pembalasan Pyongyang.

Yo Jong juga menyebut terdapat "hal-hal asing" di dekat perbatasan Korsel yang menyebabkan wabah Covid-19 muncul di Korut.

"Banyak negara dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengakui bahaya penyebaran penyakit menular melalui kontak dengan benda-benda yang terkontaminasi", kata Yo Jong, menurut kaporan media Korut, KCNA , dikutip dari AFP , Kamis (11/8).

"Sangat mengkhawatirkan bahwa Korea Selatan mengirim selebaran, uang, brosur, dan barang-barang ke wilayah kami," tambahnya.

Ia juga mengingatkan bahwa Pyongyang tengah mempertimbangkan "pembalasan yang kuat" jika aktivitas tersebut tidak diberhentikan.

"Kami akan merespons dengan memberantas tidak hanya virus, tetapi juga otoritas Korea Selatan," ujar Yo Jong.

Komentar Yo Jong muncul usai sebelumnya Kim Jong Un mendeklarasikan kemenangan Korut dalam pertempuran melawan Covid-19. Pejabat di sana melaporkan tak ada lagi kasus baru selama dua minggu.

Di sisi lain, menurut para ahli, Korut memiliki salah satu sistem perawatan kesehatan terburuk di dunia, dengan rumah sakit yang tidak lengkap. Beberapa unit perawatan intensif, dan tidak ada obat atau vaksin perawatan Covid-19.

Topik Menarik