Loading...
Loading…
PM Jepang Blak-Blakan Akan Rombak Kabinet hingga Beberapa Menteri Diganti. Ada Masalah Apa?

PM Jepang Blak-Blakan Akan Rombak Kabinet hingga Beberapa Menteri Diganti. Ada Masalah Apa?

Global | koran-jakarta.com | Rabu, 10 Agustus 2022 - 09:45

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida kemungkinan akan menunjuk Menteri Perdagangan dan Perindustrian Koichi Hagiuda untuk posisi di luar kabinet.

Pada saat bersamaan Kishida mungkin mempertahankan menteri keuangan dan luar negerinya saat ini dalam perombakan yang diperkirakan terjadi minggu ini, kata media lokal.

Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Koichi Hagiuda, memiliki kemungkinan untuk ditunjuk sebagai ketua komite penelitian kebijakan partai yang berkuasa. Hal tersebut seperti yang dilansirkan oleh surat kabar Yomiuri pada Selasa, (09/08).


Koichi Hagiuda adalah anggota faksi terbesar Partai Demokrat Liberal yang berkuasa, yang sebelumnya dipimpin oleh mantan perdana menteri Shinzo Abe, yang ditembak bulan lalu.

Koichi Hagiuda ditunjuk untuk menunjukkan pentingnya faksi itu dan membantu memperkuat kebijakan pertahanan, seperti yang dilansirkan oleh surat kabar Yomiuri.

Perombakan, lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya, terjadi ketika pemerintahan Kishida menghadapi pengawasan publik yang meningkat atas hubungan antara kelompok agama Gereja Unifikasi dan anggota parlemen dari partai yang berkuasa, termasuk Abe.

Salah satu penasihat Kishida, Minoru Terada, dan anggota parlemen majelis tinggi Naoki Okada diperkirakan akan diangkat ke kabinet untuk pertama kalinya, kata Yomiuri.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, yang menghadapi level dukungan terendah sejak menjabat pada Oktober, juga diperkirakan akan mempertahankan Menteri Keuangan Shunichi Suzuki dan Menteri Luar Negeri Yoshimasa Hayashi, kata surat kabar Nikkei pada Senin malam. Koran itu juga tidak mengatakan dari mana informasi tersebut diperoleh.

Kishida juga bermaksud untuk mempertahankan Wakil Perdana MenteriTaro Aso, dan Hirokazu Matsuno, sekretaris kabinet utama. Media lain sebelumnya mengatakan keduanya kemungkinan akan dipertahankan.

Kishida mengatakan selama akhir pekan dia akan merombak kabinetnya untuk mengatasi masalah termasuk meningkatnya infeksi COVID-19.

Kantor berita Jiji melaporkan pada Jumat bahwa Suzuki, menteri keuangan, akan dipertahankan.

Surat kabar Yomiuri sebelumnya melaporkan bahwa Kishida kemungkinan akan mengganti Menteri Pertahanan Nobuo Kishi, karena masalah kesehatannya.


Original Source

Topik Menarik