AS Tuduh Rusia Gunakan Pembangkit Nuklir Ukraina sebagai `Perisai`

AS Tuduh Rusia Gunakan Pembangkit Nuklir Ukraina sebagai `Perisai`

Global | gatra.com | Selasa, 2 Agustus 2022 - 11:46
share

Washington, D.C, Gatra.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken pada hari Senin menyebut tindakan Rusia yang berada di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar Ukraina dianggap tidak bertanggung jawab. AS menuduh Moskow menggunakannya pembangkit nuklir-- sebagai "perisai" dalam serangan terhadap pasukan Ukraina.

Rusia sebelumnya dituduh menembakkan peluru yang berbahaya di dekat pabrik Zaporizhzhia pada bulan Maret, ketika pasukannya mengambil alih pada minggu-minggu pertama invasi ke Ukraina.

Washington sangat prihatin bahwa Moskow sekarang menggunakan pabrik itu sebagai pangkalan militer dan menembaki pasukan Ukraina dari sekitarnya, kata Blinken kepada wartawan setelah pembicaraan nonproliferasi nuklir di PBB di New York, dikutip Reuters, Selasa (2/8).

"Tentu saja Ukraina tidak bisa membalas karena tidak ada kecelakaan mengerikan yang melibatkan pembangkit nuklir," tambahnya.

Blinken menyebutnya sebagai "perisai nuklir yang digunakan Rusia merupakan tindakan yang melampaui penggunaan perisai manusia".

Misi Rusia untuk PBB di New York tidak segera menanggapi permintaan komentar atas pernyataan Blinken.

Pejabat Ukraina sebelumnya menuduh Moskow menempatkan pasukan dan menyimpan peralatan militer di halaman pembangkit listrik.

Pada pembicaraan pada hari Senin, wakil menteri luar negeri Ukraina Mykola Tochytskyi mengatakan tindakan bersama yang kuat, diperlukan untuk mencegah bencana nuklir dan menyerukan masyarakat internasional untuk "menutup langit" atas pembangkit listrik tenaga nuklir Ukraina, dengan sistem pertahanan udara.

Pada 20 Juli, Rusia menuduh Ukraina menembakkan dua pesawat tak berawak ke Zaporizhzhia, yang juga merupakan area pembangkit nuklir terbesar di Eropa, menyebut reaktor itu tidak rusak.

Pada pertemuan Dewan Keamanan PBB di Ukraina pada hari Jumat, wakil Duta Besar Rusia untuk PBB Dmitry Polyanskiy menuduh rekan-rekan Baratnya, "sengaja" mengabaikan serangan 20 Juli dan menggunakan "drone bermuatan bahan peledak dari manufaktur asing untuk menyerang pabrik.

Perusahaan nuklir negara Ukraina Energoatom tidak mengomentari dampak drone yang diklaim.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA), pengawas atom PBB, harus diberikan akses ke pabrik, kata Blinken.

Sementara perang ini berkecamuk, kelambanan tindakan tidak masuk akal, kata Direktur Jenderal IAEA Rafael Grossi di Twitter.

Jika kecelakaan terjadi di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir #Zaporizhzhya di #Ukraina, kami tidak akan menyalahkan bencana alam. Kami hanya akan memiliki diri kami sendiri untuk menjawabnya.

Topik Menarik