Elon Musk Hingga Jeff Bezos Kehilangan Rp 897 T Tahun Ini

Elon Musk Hingga Jeff Bezos Kehilangan Rp 897 T Tahun Ini

Global | republika | Selasa, 5 Juli 2022 - 05:03
share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA Tiga bos dari perusahaan besar Tesla, Amazon, dan Meta merasakan pukulan tahun ini. Mereka kehilangan lebih dari 60 miliar dolar AS atau Rp 897 triliun dalam enam bulan tahun 2022.

CEO Tesla Elon Musk kehilangan hartanya hampir 62 miliar dolar AS. Sedangkan CEO Amazon Jeff Bezos kehilangan 63 miliar dolar AS dan CEO Meta Mark Zuckerberg kehilangan 65,5 miliar dolar AS. Data tersebut diungkapkan dari Bloomberg Billionaires Index yang diterbitkan pada 1 Juli 2022.

Menurut indeks, 500 orang terkaya di dunia kehilangan 1,4 triliun dolar AS pada paruh pertama tahun 2022. Penurunan itu dianggap sebagai penurunan enam bulan paling tajam yang pernah ada untuk para miliader global.

Menurut indeks, alasan di balik penurunan adalah pemerintah dan bank sentral mengeluarkan sejumlah langkah stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya setelah pandemi Covid-19. Ini dinilai memeras segala sesuatu, mulai dari perusahaan teknologi hingga cryptocurrency yang menghantam bisnis mereka. Selain itu, indeks juga menunjukkan Tesla mengalami kuartal terburuk dalam tiga bulan hingga Juni.

Namun, setelah kehilangan kekayaan lebih dari 60 miliar dolar AS, pendiri Tesla, Musk, memiliki kekayaan terbesar dengan 208,5 miliar dolar AS dan Bezos dari Amazon berada di urutan kedua dengan kekayaan bersih 129,6 miliar dolar AS.

Lebih lanjut, indeks menempatkan orang terkaya Prancis Bernard Arnault di posisi ketiga dengan kekayaan 128,7 miliar dolar AS yang diikuti oleh Bill Gates dengan 114,8 miliar dolar AS. Musk, Bezos, Arnault, dan Gates merupakan empat orang yang memiliki kekayaan lebih dari 100 miliar dolar AS pada awal tahun.

Dikutip LiveMint , Senin (4/7/2022), Zuckerberg kini berada di urutan ke-17 dengan kekayaan 60 miliar dolar AS. Pelopor crypto Changpeng Zhao memulai debutnya di Bloomberg Billionaires Index pada bulan Januari dengan perkiraan kekayaan 96 miliar dolar AS.


Topik Menarik