Diam-diam Pakai Double Track Strategy Saat ke Ukraina dan Rusia, Pakar: Jokowi di Depan Elite...

Diam-diam Pakai Double Track Strategy Saat ke Ukraina dan Rusia, Pakar: Jokowi di Depan Elite...

Global | wartaekonomi | Senin, 4 Juli 2022 - 15:49
share

Para pakar mengatakan langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) patut diapresasi karena dua hal. Pertama, presiden sukes menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir secara langsung, dan kedua, ada double track strategy yang dimainkannya.

"Itu merupakan langkah berani dan harus diapresiasi sebagai langkah all out dalam upaya mensukseskan agenda KTT G20 di Indonesia," Shiskha Prabawaningtyas, Director Paramadina Graduate School of Diplomacy.

Jokowi di sisi lain telah memainkan strategi tersebut selama kunjungannya ke Ukraina dan Rusia, kata Ahmad Khoirul Umam, Managing Director Paramadina Public Policy Institute.

"Langkah double track strategy Jokowi adalah, yang pertama adalah menyentuh elite ... Konflik Ukraina dan Rusia bukan semata pertaruhan dua negara, tetapi ada kekuatan-kekuatan besar di baliknya," katanya.

Elite yang dimaksud, kata Khoirul Umam, adalah elemen-elemen yang ada di kelompok G7, yaitu para pemegang 31 persen kekuatan ekonomi dunia. Sementara G20 adalah negara pemegang 80 persen PDB (Produk Domestik Bruto) atau GDP ( Gross Domestic Product ) dunia.

"Dengan melakukan komunikasi level elit dunia tersebut merupakan sebuah strategi komunikasi yang baik untuk sukseskan agenda KTT 20 November mendatang," imbuh Khoriul Umam.

Langkah kedua dalam double track strategy Jokowi adalah ia bisa langsung masuk ke dalam persoalan utama untuk upaya penghentian perang adalah langkah cukup strategis.

"Kedua, Presiden Jokowi yang langsung menukik ke persoalan utama untuk upaya penghentian perang ... Hadirnya Jokowi di Ukraina dan Rusia menjadikan jeda tempur sesaat pada hari-hari tersebut pada perang kedua negara," katanya.

Yang dilakukan Jokowi juga, menurut Khoirul Umam, bisa membawa kesuksesan pada agenda KTT G20.

"Agenda KTT G20 diharapkan juga menciptakan cease fire perang Rusia-Ukraina. Juga menjadikan awal economic recovery dunia yang terus berlanjut," pungkasnya.

Topik Menarik