Loading...
Loading…
Rusia Beringas, Kota Strategis Ukraina Lysychansk Hancur Lebur

Rusia Beringas, Kota Strategis Ukraina Lysychansk Hancur Lebur

Global | genpi.co | Senin, 04 Juli 2022 - 08:25

GenPI.co - Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, pada Minggu (3/7)mengatakan bahwa pasukan Moskow telah merebut kota Lysychansk yang strategis di Ukraina.

Pejabat itu menambahkan bahwa pihaknya menguasai seluruh wilayah Lugansk, yang telah menjadi sasaran pertempuran sengit dalam beberapa pekan terakhir.

"Sergei Shoigu telah memberi tahu panglima angkatan bersenjata Rusia, Vladimir Putin, tentang pembebasan Republik Rakyat Lugansk," kata kementerian pertahanan dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh kantor berita Rusia.

Pasukan Rusia dan sekutu separatis mereka telah mengambil kendali penuh atas Lysychansk.

Penguasaan juga mencakup kota-kota terdekat lainnya, terutama Belogorovka, Novodruzhesk, Maloryazantseve dan Bila Hora.

Beberapa menit sebelum pengumuman itu, seorang juru bicara kementerian pertahanan Rusia mengatakan bahwa pertempuran sedang berlangsung di Lysychansk.

Dia menambahkan bahwa pasukan Ukraina sepenuhnya dikepung.

Gubernur regional Lugansk, Sergiy Gaiday, mengatakan di Telegram pada hari Minggu bahwa Rusia memperkuat posisi mereka di wilayah Lysychansk.

Kota ini terbakar, ucapnya.

Baca Juga :
Rusia Hancurkan Jembatan untuk Evakuasi Warga Kota Sievierodonetsk

Sebelumnya pada Rabu (29/6) Presiden RI Joko Widodo bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kiev.

Di akun Instagram, Jokowi menyampaikan kedatangan dirinya adalah perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap situasi di Ukraina.(*)

Simak video pilihan redaksi berikut ini:

Original Source

Topik Menarik