Presiden Erdogan Sebut Turki tak Berniat untuk Berperang dengan Yunani

Presiden Erdogan Sebut Turki tak Berniat untuk Berperang dengan Yunani

Global | republika | Sabtu, 2 Juli 2022 - 17:05
share

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA --Turki tidak berniat berperang dengan Yunani, kata presiden negara ituRecepTayyipErdoganpada Jumat (1/7/2022).

Turki "tidak berniat berperang melawan Yunani. Namun, Yunani tidak menepati janjinya. Mereka membuat 147 pelanggaran udara. Jika kita bertetangga, jika kita berteman, mengapa Anda melanggar wilayah udara kami 147 kali?" kataErdogankepada wartawan di Istanbul setelah Salat Jumat.

Dia lebih lanjut mengatakan, "Jika pelanggaran wilayah udara kami berlanjut, maka kami akan terus melakukan apa yang menjadi kewajiban kami."

Bulan lalu,Erdoganmengkritik Perdana Menteri YunaniKyriakosMitsotakisatas komentarnya tentang Turki selama kunjungan resmi ke AS. Presiden mengatakan bahwa perdana menteri Yunani tidak lagi layak untuk berhadapan dengannya.

Turki dalam beberapa bulan terakhir juga meningkatkan kritik terhadap penempatan pasukan Yunani di pulau-pulau diAegeantimur, dekat pantai Turki dan dalam banyak kasus terlihat dari pantai.

Pulau-pulau ini seharusnya didemiliterisasi di bawah PerjanjianLausanne1923 dan Perjanjian Paris 1947, karena pasukan atau senjata apa pun di pulau-pulau itu dilarang keras.

Mengenai upaya Turki untuk menengahi pertemuan antara para pemimpin Rusia dan Ukraina,Erdoganjuga mengatakan para pejabat Turki sedang bekerja untuk mengatur pertemuan antara VladimirPutindanVolodymyrZelenskyy.

Presiden Turki juga menyarankan agar Ankara dapat mengirimkan gandum dan minyak bunga matahari ke negara-negara yang menghadapi kekurangan.

Topik Menarik