Ferdinand Marcos Jr. Dilantik Sebagai Presiden Filipina

Ferdinand Marcos Jr. Dilantik Sebagai Presiden Filipina

Global | republika | Kamis, 30 Juni 2022 - 16:45
share

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA - Putra mendiang diktator Filipina, Ferdinand Marcos Jr, dilantik sebagai presiden baru pada Kamis (30/6/2022) waktu setempat. Pelantikan Marcos Jr menandai kebangkitan politik yang menakjubkan untuk salah satu dinasti politik paling terkenal di Asia.

Dikenal sebagai "Bongbong" Marcos Jr (64 tahun) menang telah dalam pemilihan presiden bulan lalu. Dia akan menggantikan Rodrigo Duterte. Marcos Jr. mengambil sumpah pada Kamis siang waktu setempat dalam upacara publik di Museum Nasional, Manila. Ia akan disumpah di depan ratusan pejabat dan jurnalis lokal dan asing.

Wakil Presiden China Wang Qishan dan suami Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris, Doug Emhoff, termasuk di antara pejabat asing yang menghadiri upacara pelantikan. "Acaranya akan khusyuk dan sederhana," kata tim transisinya, mencerminkan masa-masa sulit yang dibawa oleh Covid-19.

Ayah Marcos memerintah Filipina selama dua dekade dari 1965, hampir setengahnya di bawah darurat militer. Ribuan lawan Marcos dipenjara, dibunuh atau dihilangkan selama pemerintahannya, dan nama keluarga menjadi identik dengan kronisme, pemborosan dan hilangnya miliaran dolar dari kas negara. Keluarga Marcos telah menolak tuduhan penggelapan.

Ratusan aktivis diperkirakan akan memprotes pelantikan Marcos Jr, yang dibuat marah oleh kampanye yang didukung oleh jaringan pendukung yang kuat dan influencer media sosial yang bertekad untuk menghilangkan prasangka narasi sejarah era Marcos. Mantan senator dan anggota kongres itu berkampanye dengan slogan "bersama-sama, kita akan bangkit kembali", membangkitkan nostalgia akan pemerintahan ayahnya, yang digambarkan oleh keluarga dan pendukungnya sebagai zaman keemasan bagi Filipina, bekas jajahan AS.

Para pemilih mengandalkan Marcos Jr. untuk memenuhi janji menciptakan lapangan kerja dan menurunkan harga konsumen di negara berpenduduk 110 juta orang, hampir seperempatnya hidup dengan kurang dari 2 dolar AS per hari. Dia telah berjanji untuk memulai dan bahkan telah menunjuk dirinya sendiri sebagai menteri pertanian, dengan alasan kebutuhan mendesak untuk meningkatkan produksi guna mencegah kekurangan pangan dan membantu mengelola harga.

"Prioritas nomor satu Marcos adalah, dan seharusnya, pemulihan ekonomi selama enam bulan ke depan dan tahun pertama," kata Richard Heydarian, seorang penulis, kolumnis dan akademisi yang berspesialisasi dalam politik. "Itu akan mengatur nada untuk pemerintahannya untuk tahun-tahun mendatang," katanya.

Topik Menarik