Unik: 500 Patung di Taman Ini Giginya Berasal dari Gigi Asli Manusia

Unik: 500 Patung di Taman Ini Giginya Berasal dari Gigi Asli Manusia

Global | telisik.id | Kamis, 30 Juni 2022 - 10:10
share

FINLANDIA, TELISIK.ID - Seni patung sudah dikenal sejak berabad-abad lalu. Perajin patung biasanya membentuk karya seninya tersebut dari batu, perunggu, maupun kayu.

Patung-patung itu biasanya diletakkan di taman kota sebagai hiasan atau ornamen, selain untuk dijadikan museum sehingga tampak mengagumkan untuk dinikmati.

Meskipun terkesan mengagumkan, tapi bagaimana jika patung-patung itu memiliki gigi yang terbuat dari gigi manusia asli?

Di Finlandia, terdapat taman dengan 500 patung yang giginya berasal dari gigi asli manusia.

Melansir dari laman The Sun yang dikutip Kumparan.com, Taman Parikkala dibangun oleh seniman dan pematung Finlandia bernama Veijo Ronkkonen.

Uniknya, taman ini berisikan patung-patung yang dia pahat di sepanjang hidupnya, mulai dari tahun 1960-an hingga 2010 tahun, sebelum ia meninggal dunia.

Dilansir Pikiranrakyat.com, selama kurang lebih 50 tahun Veijo menghabiskan waktunya untuk memahat 450 patung, tepat di taman rumah di mana ia tinggal bersama orang tuanya.

Setiap patung-patung itu memiliki gigi yang terbuat dari gigi manusia asli, dan juga sorot mata menakutkan sehingga membuat taman itu semakin menyeramkan.

Setiap patungnya terbuat dari beton dan dalam posisi yoga yang berbeda. Patung tersebut dibuat dalam posisi yoga, karena yoga merupakan hobi dari penciptanya, Veijo Ronkkonen.

Semasa hidupnya, Ronkkonen dikenal sebagai seorang pertapa. Statusnya yang hanya sebagai pekerja pabrik kertas di kota kecil, membuatnya sangat rajin membaca dan mampu mengenal dunia melalui halaman-halaman buku.

Bisa dilihat dari banyak etnis yang dibuat dan dituangkan melalui pahatan-pahatan patungnya. Semasa hidupnya, dia sangat menjauhkan diri dari kegiatan pariwisata.

Ia tidak segan untuk menolak memamerkan karyanya jika itu harus keluar dari rumah pribadinya. Namun, setelah meninggalnya Veijo Ronkkonen, taman patung dan rumahnya dibeli oleh pengusaha Finlandia bernama Reino Uusitalo.

Reino Uusitalo berencana untuk memperbarui patung-patung tersebut sesuai kebutuhan, dan menawarkan tur berpemandu ke tempat itu.

Setidaknya, setiap tahunnya ada 25 ribu orang yang berkunjung ke Taman Patung Parikkala. Tentu taman ini terbuka untuk umum, tanpa biaya masuk dan sebaiknya memberikan sumbangan untuk perawatan taman tersebut. (C)

Penulis: Sasmiraza

Editor: Haerani Hambali

Topik Menarik