Loading...
Loading…
Sebelum Jumpa Jokowi, Putin Kunjungi Dua Negara Eks Soviet

Sebelum Jumpa Jokowi, Putin Kunjungi Dua Negara Eks Soviet

Global | rm.id | Senin, 27 Juni 2022 - 20:16

Presiden Rusia Vladimir Putin akan melakukan kunjungan ke dua negara bekas Uni Soviet pekan ini, sebelum bertemu Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Moskow.

Itu akan menjadi kunjungan ke luar negeri pertama yang dilakukan Putin sejak memerintahkan invasi militer ke Ukraina. Seperti dilansir Reuters , Senin (27/6), koresponden Kremlin untuk televisi Pemerintah Rusia, Rossiya 1 , Pavel Zarubin mengungkapkan, Putin akan mengunjungi Tajikistan dan Turkmenistan pekan ini. Kemudian bertemu Jokowi untuk melakukan pembicaraan di Moskow.

Disebutkan bahwa di Dushanbe, Ibu Kota Tajikistan, Putin akan bertemu Presiden Imomali Rakhmon, yang merupakan sekutu dekat Rusia dan penguasa terlama untuk sebuah negara eks Soviet.

Kemudian di Ashgabat, Ibu Kota Turkmenistan, Putin akan menghadiri pertemuan puncak negara-negara Kaspia. Ditambahkan Zarubin, pemimpin Azerbaijan, Kazakhstan, Iran dan Turkmenistan juga akan menghadiri pertemuan itu.

Terakhir kali Putin melakukan kunjungan ke luar negeri adalah ke Beijing, pada awal Februari 2022. Pada kesempatan itu, ia dan Presiden China Xi Jinping mengungkapkan kesepakatan persahabatan tanpa batas, beberapa jam sebelum keduanya menghadiri seremoni pembukaan Olimpiade Musim Dingin.

Baca Juga :
Amerika Serikat Mengerikan di Balik Perang Rusia dan Ukraina

Putin memerintahkan pengerahan pasukan ke Ukraina sejak 24 Februari lalu, dalam upaya menurunkan kemampuan militer dan mencegah negara tetangganya itu dimanfaatkan Barat untuk mengancam Rusia. Ukraina menyebut, invasi Rusia itu sebagai perampasan tanah bergaya kekaisaran.

Jokowi diketahui terbang ke Eropa pekan ini untuk membawa misi perdamaian dunia, yakni menghentikan perang Rusia dan Ukraina. Pertama, Jokowi akan mengunjungi Jerman untuk menghadiri KTT G7.

Dari Jerman, Jokowi bertolak ke Ukraina. Di sana, Jokowi akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk membuka dialog perda- maian dengan Rusia. Selepas itu, Jokowi akan bertemu dengan Putin di Rusia. Jokowi akan meminta Putin menghentikan perang dan melakukan gencatan senjata.

Original Source

Topik Menarik