Rusia Luncurkan Puluhan Rudal ke Ukraina saat G7 Berunding di Eropa

Rusia Luncurkan Puluhan Rudal ke Ukraina saat G7 Berunding di Eropa

Global | katadata.co.id | Senin, 27 Juni 2022 - 07:40
share

Rusia meningkatkan serangannya ke Ukraina di saat para pemimpin negara kelompok G7 berkumpul di Jerman untuk membahas sanksi lebih lanjut terhadap Moskow.

Rudal Rusia menghantam blok apartemen dan dekat dengan taman kanak-kanak di ibukota Ukraina, Kyiv, pada hari Minggu (26/6). Hingga empat ledakan mengguncang pusat Kyiv pada dini hari. Ini merupakan serangan pertama ke kota itu dalam beberapa minggu.

Rusia menyerang Kyiv lagi. Rudal merusak gedung apartemen dan taman kanak-kanak, kata Andriy Yermak, kepala administrasi kepresidenan Ukraina seperti dikutip Reuters , Senin (27/6).

Wakil Walikota Kyiv Mykola Povoroznyk mengatakan satu orang tewas dan enam luka-luka. Dia mengatakan ledakan terdengar kemudian di bagian lain jika Kyiv adalah pertahanan udara yang menghancurkan rudal yang masuk lebih lanjut.

Dalam pidato malamnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan seorang gadis tujuh tahun yang terluka ditarik dari puing-puing sebuah blok apartemen sembilan lantai. Ayah gadis itu tewas dalam serangan itu, katanya.

Dia tidak terancam oleh apa pun di negara kita. Dia benar-benar aman, sampai Rusia sendiri memutuskan bahwa semuanya sama-sama memusuhi mereka sekarang - wanita, anak-anak, taman kanak-kanak, rumah, rumah sakit, kereta api, kata Zelenskiy.

Seorang juru bicara angkatan udara Ukraina mengatakan serangan itu dilakukan dengan 4-6 rudal jarak jauh yang ditembakkan dari pesawat pengebom Rusia yang jaraknya lebih dari 1.000 kilometer di wilayah Astrakhan, Rusia selatan.

Zelenskiy mengatakan pada hari Minggu bahwa pertahanan Ukraina hanya berhasil menembak jatuh beberapa dari 62 rudal yang ditembakkan Rusia dalam 24 jam sebelumnya dan mengulangi permintaan Kyiv kepada negara barat untuk memasok sistem pertahanan udara modern.

Rusia telah meningkatkan serangan udara di Ukraina akhir pekan lalu dan merebut , yang juga telah menyaksikan jatuhnya sebuah kota timur yang strategis ke pasukan pro-Rusia.

"Ini lebih ke barbarisme mereka," kata Biden, mengacu pada serangan rudal di Kyiv, ketika para pemimpin dari negara-negara kaya G7 berkumpul untuk pertemuan puncak di Jerman.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan negara-negara G7 harus menanggapi serangan rudal terbaru dengan menjatuhkan sanksi lebih lanjut terhadap Rusia dan memberikan lebih banyak senjata berat ke Ukraina.

Meski demikian, seiring konflik yang memasuki bulan kelima, aliansi Barat yang mendukung Ukraina mulai menunjukkan tanda-tanda ketegangan. Mereka khawatir tentang biaya ekonomi yang meningkat.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan Barat perlu mempertahankan front persatuan melawan Presiden Rusia Vladimir Putin. Harga untuk mundur dan membiarkan Putin sukses merebut sebagian besar wilayah Ukraina, melanjutkan program penaklukannya, harga itu akan jauh, jauh lebih tinggi, katanya.

Pada pertemuan G7 hari Minggu, Inggris, Kanada, Jepang dan Amerika Serikat mengusulkan larangan impor emas dari Rusia.

Topik Menarik