Presiden Korsel akan Bertemu Pemimpin AS dan Jepang di Sela KTT NATO

Presiden Korsel akan Bertemu Pemimpin AS dan Jepang di Sela KTT NATO

Global | republika | Minggu, 26 Juni 2022 - 17:01
share

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL - Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol akan bertemu dengan para pemimpin Amerika Serikat (AS) dan Jepang pada Rabu (29/6/2022). Pertemuan dilakukan selama konferensi tingkat tinggi (KTT) Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO) di Madrid, Spanyol.

"Pertemuan trilateral, yang akan menjadi pertemuan pertama sejak September 2017, dijadwalkan pada 14.30, meskipun perubahan dapat dilakukan," kata seorang pejabat di kantor kepresidenan Korsel pada Ahad (26/6/2022).

Presiden Yoon dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida kemungkinan tidak akan mengadakan pertemuan terpisah. Sementara itu, seorang pejabat pemerintah Jepang juga mengatakan kepada Reuters bahwa ketiga pemimpin itu akan mengadakan pertemuan pada 29 Juni.

Awal pekan ini, Korsel mengatakan pihaknya berencana untuk membentuk delegasi ke NATO di Brussel saat Seoul mendorong untuk memperkuat kemitraannya dengan organisasi tersebut. Korsel juga ingin memainkan peran yang lebih besar di panggung global.

Yoon, yang dilantik pada 10 Mei, akan menjadi presiden Korsel pertama yang menghadiri pertemuan puncak NATO. Seoul bersama dengan Jepang, Australia dan Selandia Baru, telah diundang sebagai mitra organisasi Asia-Pasifik.

Topik Menarik