Gempa Melanda, Afghanistan Berduka, Taiwan: Dari Hati Kami Sumbangkan Rp14,8 Miliar

Gempa Melanda, Afghanistan Berduka, Taiwan: Dari Hati Kami Sumbangkan Rp14,8 Miliar

Global | wartaekonomi | Jum'at, 24 Juni 2022 - 11:11
share

Taiwan akan menyumbangkan $1 juta (Rp14,8 miliar) untuk upaya bantuan gempa Afghanistan sebagai tanggapan atas seruan dari PBB dan lainnya untuk bantuan kemanusiaan, kata pemerintah pada Kamis (23/6/2022) malam.

Taiwan bukan anggota PBB karena tekanan dari China yang menganggap pulau yang diperintah secara demokratis itu bagian dari wilayahnya, tetapi selalu ingin menunjukkan bahwa Taiwan adalah anggota komunitas internasional yang bertanggung jawab.

Kantor kepresidenan Taiwan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pemerintah akan menyumbang "berdasarkan semangat kepedulian kemanusiaan untuk bantuan bencana terlepas dari perbatasan nasional (dan) menanggapi PBB dan panggilan kemanusiaan lainnya."

Namun Taiwan tidak akan mengirim tim SAR setelah berkonsultasi dengan negara lain dan mempertimbangkan kesulitan transportasi, juru bicara kantor Xavier Chang menambahkan.

Taiwan juga terletak di zona rawan gempa dan secara teratur mengirim tim penyelamat ke daerah bencana lainnya di seluruh dunia.

China telah mengatakan siap untuk memberikan bantuan Afghanistan tetapi belum memberikan rincian. Sekitar 1.000 orang sudah dipastikan tewas akibat gempa di bagian terpencil negara itu minggu ini.

Taiwan dan China telah berdebat tentang bantuan kemanusiaan untuk Ukraina, dengan Taiwan menyumbangkan lebih dari $30 juta untuk pengungsi dan pembangunan kembali dan China sekitar $3 juta.

China menuduh Taiwan menggunakan sumbangan untuk tujuan politik. Ini telah ditolak keras oleh pemerintah di Taipei yang mengatakan bantuan itu datang "dari hati kami".

Topik Menarik