Nike Tinggalkan Pasar Rusia Secara Permanen

Nike Tinggalkan Pasar Rusia Secara Permanen

Global | republika | Jum'at, 24 Juni 2022 - 11:01
share

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON --Perusahaan sepatu, peralatanolahraga, danpakaian dari Amerika Serikat (AS) Nike pada Jumat (24/6/2022) mengatakan mereka memutuskan untuk meninggalkan pasar Rusia secara permanen.

Pengumuman tersebut dilakukan lebih dari tiga bulan setelah perusahaan itu menghentikan operasinya di negara itu di tengah perangMoskowterhadap Ukraina.

"NIKE,Inc. telah membuat keputusan untuk meninggalkan pasar Rusia. Prioritas kami adalah memastikan kami sepenuhnya mendukung karyawan kami sementara kami secara bertanggung jawab mengurangi operasi kami selama beberapa bulan mendatang," kata juru bicara Nike kepada AnadoluAgency melalui email.

"Nike.com dan aplikasi seluler Nike tidak akan lagi tersedia di wilayah ini. Toko Nike baru-baru ini ditutup sementara dan tidak akan dibuka lagi," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan yangdipostingdi situs Rusianya nike.com/ru.

Perusahaan tersebut bulan lalu mengumumkan tidak akan memperbarui perjanjian lisensi dengan para pengecer Rusia, setelah menangguhkan operasinya di Rusia pada awal Maret karena perang di Ukraina.

Perusahaan-perusahaan besar dari berbagai sektor di seluruh dunia telah mengumumkan penangguhan operasi dan penarikan produk mereka dari pasar Rusia sejak 24 Februari. Negara-negara Barat telah memberlakukan sanksi berat terhadap ratusan perusahaan dan individu Rusia.

Topik Menarik