Gegara Politikus India Nupur Sharma Hina Nabi Muhammad, Imbasnya ke India Ngeri!

Gegara Politikus India Nupur Sharma Hina Nabi Muhammad, Imbasnya ke India Ngeri!

Global | wartaekonomi | Kamis, 9 Juni 2022 - 08:40
share

Belum lama ini, seorang politisi India bernama Nupur Sharma, heboh diperbincangkan di berbagai sosial media setelah mengeluarkan pernyataan yang kontroversial, yaitu menghina Nabi Muhammad dalam sebuah acara yang ditonton oleh publik.

Nupur Sharma dinilai telah menghina Nabi Muhammad saat menghadiri sebuah acara debat televisi. Akibatnya, ia langsung mendapatkan berbagai kecaman.

Tidak hanya ditujukan kepada Nupur Sharma, kecaman juga diberikan kepada Partai Bharatiya Janata Party (BPJ) yang diketahui merupakan tempat Nupur Sharma menjadi juru bicara.

Tindakan yang dilakukan Nupur Sharma menyebabkan beberapa dampak yang cukup menghebohkan, apa saja? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Badai Diplomatik Internasional Melanda India

Dampak yang paling krusial dari adanya kasus Nupur Sharma sebagai juru bicara di BJP yang dinilai menghina Nabi Muhammad adalah terjadinya badai diplomatik internasional, yang melanda partai, bahkan negara itu sendiri.

Diketahui, Partai BJP merupakan partai yang menguasai India. Saat ini Partai BJP mengalami badai diplomatik internasional.

Kabarnya, Duta Besar India untuk Kuwait dan Qatar menerima catatan protes resmi atas komentar tersebut.

Tidak hanya itu, Kementerian Luar Negeri Pakistan mengutuk komentar juru bicara BJP yang menghina Nabi Muhammad.

Kementerian Luar Negeri Pakistan menyatakan bahwa pihaknya sangat prihatin dengan meningkatnya kekerasan komunal dan kebencian yang mengkhawatirkan terhadap Muslim di India.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Qatar memanggil duta besar India untuk menyampaikan catatan resmi yang mengungkapkan kekecewaan Qatar atas komentar dari Nupur Sharma, karena dinilai menghina Nabi Muhammad.

Qatar mengecam pernyataan Nupur Sharma, dan menuntut India untuk meminta maaf kepada publik.

Selain Qatar, Kuwait juga memanggil duta besar India untuk menyerahkan sebuah nora protes. Kuwait menolak dan mengecam pejabat BJP yang menghina Nabi Muhammad.

Negara Arab Saudi juga turut mengutuk pernyataan pejabat BJP, Saudi mengklaim bahwa komentar yang disampaikan oleh Nupur Sharma merupakan bentuk penghinaan terhadap umat Islam.

2. Negara-negara Arab Menyerukan Boikot Produk India

Pernyataan yang dikeluarkan oleh juru bicara BJP tersebut menimbulkan kemarahan bagi para pengguna media sosial di negara-negara Arab. Negara-negara tersebut kemudian ramai menyerukan untuk memboikot produk India.

Tidak hanya itu, mereka juga mengecam eskalasi kebencian terhadap Islam dan Muslim.

3. Nupur Sharma diberi Sanksi

Kabarnya, Partai Bharatiya Janata Party (BPJ) menjatuhkan sanksi terhadap dua juru bicara partai, termasuk salah satunya Nupur Sharma atas pernyataan yang dinilai menghina Nabi Muhammad.

Juru bicara nasional BJP tersebut diskors dari keanggotaan utama partai pada hari Minggu, 5 Juni 2022 karena menghina Nabi Muhammad dalam debat di televisi belum lama ini.

Topik Menarik