Loading...
Loading…
Saudi Sambut Jemaah Haji Asing Pertama dari Indonesia

Saudi Sambut Jemaah Haji Asing Pertama dari Indonesia

Global | koran-jakarta.com | Minggu, 05 Juni 2022 - 13:59

MADINAH - Arab Saudi pada Sabtu (4/6) menyambut jamaah haji pertama yang tiba sejak sebelum pandemi terjadi. Virus korona telah memaksa otoritas Saudi untuk membatasi acara tahunan bagi umat Muslim tersebut.

Rombongan jemaah hari dari Indonesia mendarat di Kota Madinah dan akan melakukan perjalanan ke selatan ke kota suci Mekah dalam beberapa pekan mendatang untuk mempersiapkan haji bulan depan, media pemerintah melaporkan.

"Hari ini kami menerima kelompok pertama jemaah haji tahun ini dari Indonesia, dan penerbangan akan dilanjutkan dari Malaysia dan India," Mohammed al-Bijawi dari Kementerian Haji negara itu mengatakan kepada saluran Al-Ekhbariya yang dikelola pemerintah, Minggu (5/6).

"Hari ini kami senang menerima tamu-tamu Allah dari luar kerajaan, setelah dua tahun terhenti karena pandemi," imbuh dia seraya menggambarkan bahwa Arab Saudi "sepenuhnya siap" untuk menampung mereka.

Kegiatan ibadah haji pada 2019 diikuti oleh sekitar 2,5 juta orang. Namun setelah dimulainya pandemi pada 2020, otoritas Saudi mengumumkan bahwa mereka hanya akan mengizinkan 1.000 jemaah yang boleh ikut serta dalam ibadah tersebut. Tahun berikutnya, mereka meningkatkan jumlah jemaah total menjadi 60.000 warga Saudi yang divaksinasi penuh dan penduduk yang dipilih melalui undian.

Baca Juga :
Momen Jemaah Haji Indonesia Injak Tanah Suci Pertama Kali Sejak Pandemi, Haru dan Bahagia

Pada April, kerajaan mengumumkan akan mengizinkan satu juta Muslim dari dalam dan luar negeri untuk berpartisipasi pada haji tahun ini, yang akan berlangsung pada Juli.

Sebelum pandemi, penyelenggaraan ibadah haji adalah penghasil pendapatan utama bagi kerajaan yang mencapai sekitar 12 miliar dollar AS per tahun.

Ibadah haji tahun ini akan dibatasi untuk Muslim yang telah divaksinasi di bawah usia 65 tahun, kata Kementerian Haji Saudi. AFP/VoA/I-1

Original Source

Topik Menarik