WHO: Dua Pertiga Populasi Global Memiliki Antibodi Covid-19

WHO: Dua Pertiga Populasi Global Memiliki Antibodi Covid-19

Global | koran-jakarta.com | Sabtu, 4 Juni 2022 - 06:34
share
JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan, lebih dari dua pertiga populasi dunia memiliki tingkat antibodi Covid-19 yang signifikan, yang berarti mereka telah terinfeksi atau divaksinasi.
"Apa yang disebut tingkat seroprevalensi melonjak menjadi 67 persen pada Oktober dari 16 persen pada Februari 2021. Mengingat munculnya varian omicron yang menyebar cepat, angkanya mungkin bahkan lebih tinggi sekarang," kata WHO, dalam ringkasan studi dari seluruh dunia.
Rangkuman WHO menawarkan gambaran tentang seberapa baik dunia meningkatkan resistensi terhadap pandemi. Sementara vaksin hanya memberikan perlindungan sederhana terhadap infeksi dari omicron, WHO masih mendesak negara-negara untuk meningkatkan tingkat vaksinasi, terutama untuk orang-orang dalam kelompok berisiko tinggi, karena imunisasi memberikan tingkat perlindungan yang lebih tinggi terhadap penyakit parah daripada infeksi Covid-19 sebelumnya.
"Orang yang telah terinfeksi Covid-19dan divaksinasi memiliki perlindungan terbaik terhadap hasil yang parah, menurut sebagian besar penelitian, meskipun tidak jelas apakah itu benar dengan varian baru," kata WHO.
"Data menunjukkan tingkat seroprevalensi yang lebih rendah pada anak-anak berusia 9 tahun ke bawah dan pada orang di atas 60 tahun dibandingkan dengan mereka yang berusia 20-an. Di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, kebanyakan seroprevalensi menunjukkan infeksi masa lalu daripada vaksinasi," kata WHO.
Menurut badan itu, kehadiran antibodi umumnya berkurang dari waktu ke waktu dan tingkat dan kegigihan kekebalan tergantung pada sejumlah faktor, kata badan kesehatan itu, menambahkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan seberapa cepat perlindungan berkurang. SB/bangkokpost/and

Topik Menarik