Waduh! Indonesia Kalah Dengan Negara Tetangga, Inilah Beberapa Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia

Waduh! Indonesia Kalah Dengan Negara Tetangga, Inilah Beberapa Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia

Global | koran-jakarta.com | Jum'at, 3 Juni 2022 - 18:17
share

Kopi menjadi komoditas yang cukup besar di dunia. Kopi dinikmati oleh berbagai golongan, mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Di Indonesia, beragam kedai kopi sangat mudah untuk ditemui.

International Coffee Organization atau ICO, mencatat konsumsi kopi di seluruh dunia pada periode 2020 hingga 2021 adalah sekitar 10,5 juta ton. Jumlah konsumsi kopi tersebut meningkat sekitar 1,9% pada periode sebelumnya.

Untuk memenuhi kebutuhan kopi tersebut, kopi di ekspor oleh beberapa Negara. Ada sekitar 70 negara memproduksi kopi, namun output global hanya dipenuhi oleh beberapa Negara saja.

Berikut ini Koran Jakarta akan mengulas beberapa Negara pengekspor kopi terbesar di seluruh dunia. Negara mana sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini.

Brazil

Sejak tahun 1800an, Brazil sudah menjadi Negara penghasil kopi. Hingga saat ini, produksi kopi berperan penting dalam perkembangan Brazil.

Berada di lintang garis khatulistiwa, membuat Brazil memiliki sumber daya alam yang melimpah. Pada periode 2019-2020, Brazil memproduksi sekitar 3,4 juta ton. Jumlah ini telah mengisi sekitar sepertiga produksi kopi di seluruh dunia.

Kopi arabika Brazil memiliki aroma dan rasa yang unik, sehingga menjadi sangat populer. Brazil mengekspor kopi arabika ke beberapa negara. Yang terbesar adalah ke negara-negara Eropa dan Amerika.

Vietnam

Siapa sangka, negara yang berdekatan dengan Indonesia ini sebagai pengekspor kopi, terbesar kedua dunia. Meskipun relative baru melakukan perdagangan kopi internasional, namun Vietnam dengan cepat menguasai pasar kopi global.

Partai Komunis Vietnam mulai mempertaruhkan ekonomi negara pada komoditas, yaitu pada tahun 1980an. Setiap tahunnya jumlah produksi kopi terus meningkat.

Hingga pada periode 2019-2020, Vietnam menghasilkan 1,9 juta ton. Ekspor kopi Vietnam didominasi oleh biji kopi robusta.

Kolombia

Kolombia menempati urutan ketiga, sebagai negara pengekspor kopi terbesar di dunia. Mayoritas hasil kopinya adalah biji kopi Arabika.

Pada periode 2019-2020, Kolombia memproduksi sebanyak 858 ribu ton. Kolombia juga sebagai negara pengekspor biji kopi arabika tertinggi kedua, setelah Brazil. Kopi arabika Kolombia memiliki rasa yang lembut dan unik.

Indonesia

Indonesia sudah memproduksi kopi sejak masa kolonial. Saat ini Indonesia memiliki sekitar 1,2 juta hektar tanaman kopi yang dikelola dengan pertanian kecil dan industri mandiri.

Pada periode 2019-2020, Indonesia menghasilkan 642 ribu ton. Indonesia menjadi negara penghasil robusta terbesar ketiga di dunia.

Selain itu, Indonesia juga memproduksi kopi luwak yang banyak diminati dan merupakan biji kopi termahal di dunia.

Topik Menarik