Program Mencetak Sawah, Pemerintah Sri Lanka Mengimbau Petani untuk Menanam Lebih Banyak Beras saat Krisis Pangan Mengancam

Program Mencetak Sawah, Pemerintah Sri Lanka Mengimbau Petani untuk Menanam Lebih Banyak Beras saat Krisis Pangan Mengancam

Global | koran-jakarta.com | Rabu, 1 Juni 2022 - 06:00
share

Sri Lanka ingin petani menanam lebih banyak beras sebagai bagian dari rencana untuk mencegah kekurangan pangan yang parah, kata seorang pejabat tinggi pada hari Selasa, ketika para ahli memperingatkan penurunan produksi 50% yang akan memperburuk dampak krisis keuangan yang sudah parah.

Sri Lanka berada dalam pergolakan krisis terburuk dalam lebih dari tujuh dekade. Pulau berpenduduk 22 juta orang itu kehabisan cadangan devisa dan tidak mampu membayar impor penting termasuk bahan bakar, makanan, dan obat-obatan.

"Jelas situasi makanan menjadi lebih buruk. Kami meminta semua petani untuk turun ke ladang mereka dalam lima hingga sepuluh hari ke depan dan menanam padi," kata Menteri Pertanian Mahinda Amaraweera dalam konferensi pers, Selasa (31/5).

Perdana Menteri baru Sri Lanka Ranil Wickremesinghe telah memperingatkan kekurangan pangan yang parah pada bulan Agustus dan memperkirakan USD 600 juta akan dibutuhkan untuk mengimpor pupuk, yang negara itu sedang berjuang untuk meningkatkannya.

Kebanyakan pupuk akan datang terlambat untuk siklus budidaya berikutnya yang biasanya dimulai pada awal Juni, sekelompok ahli pertanian telah memperingatkan. Dalam dua musim berikutnya, jumlah pupuk yang cukup tidak akan tersedia untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari salah satu tanaman utama beras, teh dan jagung.

Buddhi Marambe, seorang profesor pertanian di Universitas Peradeniya, mengatakan beberapa daerah akan kehilangan lebih dari 50% hasil padi bahkan jika tindakan diambil.

"Bahkan jika kita membawa pupuk hari ini, akan terlambat untuk panen yang baik," katanya.

Pembicaraan sedang berlangsung dengan India untuk mendapatkan 65.000 ton pupuk dan banding telah dilakukan ke tujuh negara lain, kata Amaraweera. Namun dia tidak mengungkapkan rincian kapan pengiriman akan tiba.

Bulan lalu bank sentral mengumumkan akan "mendahului" default pada beberapa utang luar negerinya karena mata uang terdepresiasi lebih dari 50% dan inflasi makanan mencapai 46% pada bulan April.

Topik Menarik