Ada Wabah Cacar Monyet, WHO Nyalakan Alarm untuk Warga Dunia

Ada Wabah Cacar Monyet, WHO Nyalakan Alarm untuk Warga Dunia

Global | genpi.co | Selasa, 31 Mei 2022 - 07:50
share

GenPI.co - Program Kedaruratan KesehatanOrganisasi Kesehatan Dunia (WHO) Rosamund Lewis mengaku ragu wabah cacar monyet di luar Afrika akan menjadi pandemi.

Sebelumnya, lebih dari 300 kasus suspek dan terkonfirmasi cacar monyet yang sebagian besar kasus berada di Eropa, dilaporkan pada Mei 2022.

Menurutnya, hingga kini masih belum jelas apakah orang yang terinfeksi tanpa gejala dapat menulari yang lain.

"Penyakit itu biasanya ringan, menyebabkan gejala seperti flu dan ruam khas, dan menyebar melalui kontak dekat, WHO masih mempertimbangkan apakah wabah cacar monyet akan dinilai sebagai "Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia" (PHEIC)," ujar Lewis, dikutip dari Antara, Selasa (31/5/2022).

Dia menerangkan status semacam itu, seperti yang ditetapkan pada Covid-19 dan Ebola, akan membantu mempercepat penelitian dan pendanaan untuk mencegah penyakit tersebut.

"Jadi kami belum tahuwabah cacar monyet ini berpotensi menjadi pandemi, namun kami rasa tidak," jelasnya.

Bahkan, WHO tak khawatir dengan adanya wabah cacar monyet, tetapi tetap setiap negara diimbau untuk waspada.

"Pada saat ini, kami tidak khawatir akan terjadi pandemi global," tutur dia.

Adapun, varian virus dalam wabah tersebut diketahui akan menewaskan sebagian kecil orang-orang yang terinfeksi, namun sejauh ini belum ada laporan kematian.

Mayoritas kasus muncul di Eropa ketimbang di negara-negara Afrika Barat dan Tengah, di mana virus itu bersifat endemik dan sebagian besar tidak terkait dengan perjalanan.

Oleh sebab itulah, para ilmuwan sedang mencari apa yang mungkin dapat menjelaskan lonjakan kasus yang tidak lazim ini, meskipun otoritas kesehatan masyarakat menduga ada sejumlah penularan di masyarakat.

Sejumlah negara mulai menyuntikkan vaksin bagi kontak erat dari kasus terkonfirmasi cacar monyet. (Ant)

Tonton Video viral berikut:

Topik Menarik