Iran akan Membalas Pembunuhan Kolonel Sayyad Khodai

Iran akan Membalas Pembunuhan Kolonel Sayyad Khodai

Global | gatra.com | Senin, 23 Mei 2022 - 16:29
share

Teheran, Gatra.com - Presiden Ebrahim Raisi memperingatkan pada hari Senin bahwa Iran akan membalas pembunuhan seorang kolonel Pengawal Revolusi yang ditembak mati di Teheran.

AFP, Senin (23/5) melaporkan, Kolonel Sayyad Khodai ditembak mati hari Minggu, di luar rumahnya oleh penyerang dengan sepeda motor. Pembunuhan yang dituduhkan Iran itu berada d tingkat elemen yang terkait dengan arogansi global," sebuah istilahnya digunakan AS dan sekutunya termasuk Israel.

Itu adalah pembunuhan paling menyita perhatian di Iran, sejak pembunuhan November 2020 terhadap ilmuwan nuklir terkemuka Mohsen Fakhrizadeh.

Saya bersikeras pada pengejaran serius (para pembunuh) oleh pejabat keamanan, dan saya tidak ragu bahwa darah martir besar ini akan dibalaskan, kata Raisi.

Tidak ada keraguan bahwa tangan arogansi global dapat terlihat dalam kejahatan ini, tambahnya.

Dia berbicara sebelum mengunjungi Oman, di mana dia akan bertemu dengan Sultan Haitham.

Pemakaman Khodai dijadwalkan berlangsung di Teheran pada pukul 17.00 waktu setempat (12.30 GMT).

Korps Pengawal Revolusi Islam - lengan ideologis militer Iran - menggambarkan Khodai sebagai "pembela tempat perlindungan," istilah yang digunakan untuk mereka yang bekerja atas nama negara di Suriah atau Irak.

Iran mempertahankan pengaruh politik yang signifikan di kedua negara, terutama setelah mendukung rezim Presiden Bashar al-Assad dalam perang saudara di Suriah.

Televisi pemerintah mencatat bahwa Khodai "dikenal" di Suriah, di mana Iran telah mengakui mengerahkan penasihat militer.

Topik Menarik