Loading...
Loading…
WHO Sampaikan Kabar Buruk soal Cacar Monyet, Warga Dunia Waspada

WHO Sampaikan Kabar Buruk soal Cacar Monyet, Warga Dunia Waspada

Global | genpi.co | Minggu, 22 Mei 2022 - 02:35

GenPI.co - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sampaikan kabar buruk soal ancaman penyebaran virus cacar monyet.

WHO pun mengimbau untuk warga seluruh dunia meningkatkan pengawasan terhadap penyebaran virus tersebut.

Berdasarkan dari laman CDC, Sabtu (21/5), sudah 14 negara kasus cacar monyet, di antaranya Portugal, Spanyol, Swedia, Italia, Belgia, Prancis, Kanada, Jerman, Israel, Italia.

Di sejumlah negara, kasus pertama kali munculnya cacar monyet sudah dilaporkan. Terbaru, seorang pasien di Belanda terkonfirmasi cacar monyet untuk pertama kalinya.

Saat ini sudah ada lebih dari 100 kasus cacar monyet yang terdeteksi di Eropa.

Monkeypox atau cacar monyet merupakan penyakit akibat virus yang ditularkan melalui binatang (zoonosis).

Virus cacar monyet pertama kali ditemukan pada 1958 di Denmark. Kasus ini pertama pada manusia ditemukan pada 1970 di Republik Demokratik Kongo.

Gejala penyakit tersebut mirip dengan cacar, seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, kelelahan hingga pembengkakan kelenjar getah bening.

Di Afrika, infeksi cacar monyet telah ditemukan pada banyak spesies hewan, di antaranya monyet, tikus Gambia dan tupai. Inang utama dari virus tersebut adalah rodent (tikus).

Baca Juga :
Uni Emirat Arab Laporkan Tiga Kasus Baru Cacar Monyet

Cacar monyet menyebar melalui kontak langsung dengan zat-zat berikut baik dari hewan atau manusia yang terinfeksi di antaranya darah, cairan tubuh, lesi kulit atau mukosa, dan tetesan pernapasan.

Mengingat penyakit tersebut menjadi ancaman baru, WHO bekerja sama dengan negara-negara yang terkena dampak untuk memperluas pengawasan penyakit cacar monyet. (*)

Kalian wajib tonton video yang satu ini:

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{