Lima Perwakilan Negara Walk Out dari Diskusi APEC Soal Invasi Rusia

Lima Perwakilan Negara Walk Out dari Diskusi APEC Soal Invasi Rusia

Global | republika | Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:31
share

REPUBLIKA.CO.ID,BANGKOK -- Perwakilan Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara lain keluar dari pertemuan para menteri perdagangan Asia-Pasifik di Bangkok pada Sabtu (21/5/2022). Mereka memprotes invasi Rusia ke Ukraina, kata para pejabat.

"Aksi itu adalah ekspresi ketidaksetujuan atas perang agresi ilegal Rusia di Ukraina dan dampak ekonominya di kawasan APEC," kata seorang diplomat.

Perwakilan dari Kanada, Selandia Baru, Jepang dan Australia bergabung dengan Amerika, yang dipimpin oleh Perwakilan Dagang Katherine Tai, dalam walk out dari pertemuan Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC), dua pejabat Thailand dan dua diplomat internasional mengatakan kepada Reuters.

Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022 dan mengatakan itu bertujuan untuk demiliterisasi dan "denazifikasi" tetangganya. Ukraina dan Barat mengatakan Presiden Vladimir Putin melancarkan perang agresi yang tidak beralasan, yang telah merenggut ribuan nyawa warga sipil, membuat jutaan orang Ukraina melarikan diri, dan menyebabkan kejatuhan ekonomi di seluruh dunia.

Diplomat lain mengatakan lima negara yang menggelar protes menginginkan "bahasa yang lebih kuat tentang perang Rusia" dalam pernyataan akhir kelompok yang akan dikeluarkan pada Ahad (22/5/2022).

"Pertemuan itu tidak akan gagal jika (pernyataan bersama) tidak dapat dikeluarkan," kata Menteri Perdagangan Thailand Jurin Laksanawisit kepada wartawan, seraya menambahkan bahwa pertemuan itu "berjalan dengan baik" meskipun ada walk out.

Pemogokan terjadi saat Menteri Ekonomi Rusia Maxim Reshetnikov menyampaikan sambutan pada pembukaan pertemuan dua hari dari kelompok 21 ekonomi. Delegasi dari lima negara yang menggelar protes kembali ke pertemuan setelah Reshetnikov selesai berbicara, kata seorang pejabat Thailand.

Topik Menarik