Ramos-Horta Dilantik Jadi Presiden Timor Leste, Ini Janjinya

Ramos-Horta Dilantik Jadi Presiden Timor Leste, Ini Janjinya

Global | genpi.co | Jum'at, 20 Mei 2022 - 18:15
share

GenPI.co - Jose Ramos-Horta resmi dilantik kembali dan menjadi Presiden ke-5 Timor Leste setelah kemerdekaan.

Sebagai presiden, Jose berkomitmen untuk melakukan apa pun demi mempertahankan nilai-nilai yang terkandung di dalam konstitusi.

Saya berjanji melindungi kebebasan untuk berpikir, kebebasan untuk memegang kepercayaan, untuk berekspresi, dan keberagaman dalam berpendapat, katanya dalam pidato pelantikan, dilansir dari Antara, Jumat (20/5).

Pelantikan yang diselenggarakan pada Kamis (19/5) malam hingga Jumat dini hari ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD yang mewakili Presiden Joko Widodo dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Timor Leste Okto Dorinus.

Dalam pidato pelantikannya, Ramos-Horta menyampaikan dia tidak hanya merepresentasikan masyarakat yang memberi suara untuk dirinya.

Dia berkomitmen akan menjadi presiden seluruh masyarakat Timor Leste.

Ramos-Horta menegaskan bahwa dirinya berkomitmen untuk melindungi, menaati, serta menegakkan Konstitusi Timor Leste sebagai dasar dari hukum dengan nilai-nilai yang mencerminkan identitas bangsa.

Tak hanya itu, Ramos-Horta menegaskan bahwa menjadi anggota ASEAN merupakan tujuan dari strategi nasional Timor Leste pada masa dirinya menjabat sebagai presiden.

Hari ini, saya memaknai fungsi seorang presiden sebagaimana yang telah saya jalani dalam seluruh tanggung jawab yang dipercayakan kepada saya selama ini, yaitu sebagai seorang pelayan masyarakat Timor Leste, kata Ramos-Horta.

Jose Ramos-Horta secara resmi dinyatakan sebagai pemenang Pemilihan Umum 2022 Timor Leste setelah melewati putaran kedua dan melawan Presiden Petahana Timor Leste Francisco "Lu Olo" Guterres.

Meskipun calon presiden independen, Presiden Pertama Timor Leste dan Ketua Partai Kongres Nasional Rekonstruksi Timor (Congresso Nacional de Reconstruo de Timor/CNRT) Xanana Gusmo memberikan dukungan kepada Ramos-Horta.

Sebelum terpilih menjadi Presiden Timor Leste untuk periode 2022-2027, Ramos-Horta sudah pernah terpilih menjadi Presiden Timor Leste pada periode 2007-2012.

Dengan demikian, periode ini merupakan periode kedua bagi Ramos-Horta untuk menjabat sebagai seorang presiden. (ant)

Video viral hari ini:

Topik Menarik