Zelenskyy: Donbas Hancur Lebur

Zelenskyy: Donbas Hancur Lebur

Global | republika | Jum'at, 20 Mei 2022 - 10:28
share

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan pasukan Rusia "menghancurkan" sepenuhnya wilayah industri Donbas. Ia menuduh Moskow menggelar pengeboman tanpa pandang bulu dan mengintensifkan serangannya.

Zelenskyy juga menuduh pasukan Rusia mencoba membunuh sebanyak mungkin rakyat Ukraina dan menimbulkan kerusakan sebanyak mungkin. Ia kembali menuduh Rusia melakukan genosida di Ukraina.

Zelenskyy mengatakan pasukan Ukraina melanjutkan upaya membebaskan wilayah Kharkiv yang terletak di sebelah timur Kiev. Sementara Rusia mencoba menimbulkan kehancuran sebanyak mungkin di Donbas yang berada di bagian selatan Ukraina.

"Di sini neraka, dan itu tidak dilebih-lebihkan," kata Zelenskyy dalam pidatonya yang disiarkan melalui video, Kamis (19/5/2022) malam waktu setempat.

Ia menambahkan 12 orang tewas dalam "pengeboman tanpa pandang bulu dan brutal" di Severodonetsk.

"(Terdapat) serangan tanpa henti di wilayah Odesa, di kota-kota Ukraina tengah, Donbas sepenuhnya hancur, ini merupakan tindakan jahat dan disengaja untuk membunuh rakyat Ukraina, menghancurkan rumah, fasilitas sosial dan usaha sebanyak mungkin," katanya.

Topik Menarik