Loading...
Loading…
Gawat kalau Sampai ke Indonesia! Bukan Covid-19 dan Hepatitis, Eropa dan Amerika Laporkan Gelombang Infeksi Wabah Monkeypox

Gawat kalau Sampai ke Indonesia! Bukan Covid-19 dan Hepatitis, Eropa dan Amerika Laporkan Gelombang Infeksi Wabah Monkeypox

Global | koran-jakarta.com | Kamis, 19 Mei 2022 - 10:40

Otoritas kesehatan di Spanyol telah mengeluarkan peringatan tentang potensi wabah cacar monyet pada 23 orang di Madrid. Russia Today menuturkan cacar monyet atau monkeypox umumnya menyebar melalui transmisi pernapasan, juru bicara Departemen Kesehatan regional Madrid menuturkan wabah lokal di wilayah tersebut menyebar melalui "kontak cairan".

Cacar monyet sendiri merupakan sebuah infeksi virus yang langka dan tidak dapat disembuhkan. Sekitar 20 kasus dugaan cacar monyet juga muncul di antara pria muda Portugis dan Lisbon pada minggu ini dan sejumlah kasus serupa telah dikonfirmasi di Inggris.

Di inggris, wabah serupa pertama kali pada awal bulan ini yang melibatkan seorang pasien dengan "riwayat perjalanan baru-baru ini dari Nigeria," menurut. Pada hari Senin (16/5), Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) telah mengkonfirmasi tujuh kasus cacar monyet serupa.

Kementerian Kesehatan Spanyol mengirim peringatan kepada otoritas kesehatan regional pada hari Selasa (17/5), setelah pejabat kesehatan di Madrid mencatat adanya dugaan infeksi cacar monyet. Adapun sampel telah dikirim ke Pusat Nasional Mikrobiologi Spanyol untuk proses diagnosis lebih lanjut.

Baca Juga :
Awas! Virus Cacar Monyet Bisa Menular Lewat Hubungan Seksual

"Secara umum, monkeypox menyebar melalui transmisi pernapasan, tetapi karakteristik dari delapan kasus yang dicurigai mengarah pada kontak cairan," kata juru bicara departemen kesehatan regional Madrid kepada Guardian .

"Kedelapan kasus yang dicurigai di Madrid terjadi di antara pria yang berhubungan seks dengan pria. Mereka baik-baik saja tetapi penyakit ini memerlukan perawatan di rumah sakit," tambahnya.

Russia Today menuturkan monkeypox sendiri diketahui mirip dengan cacar manusia. Gejala awalnya termasuk demam, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, pembengkakan kelenjar getah bening, kedinginan, dan kelelahan. Ruam sering dimulai pada wajah dan kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Seorang pria Massachusetts, Amerika Serikat (AS) juga didiagnosis menderita monkeypox setelah melakukan perjalanan ke Kanada, Pusat Pengendalian Penyakit dan Departemen Kesehatan (CDC) Masyarakat Massachusetts telah mengkonfirmasi pada hari Rabu (18/5).

Namun, sejauh ini belum ada obat untuk cacar monyet, meskipun kebanyakan pasien mengalami gejala ringan dan sembuh dalam beberapa minggu.

Baca Juga :
Jumlah Kasus Infeksi Covid-19 di Prancis yang Masuk RS Turun

Russia Today merangkum cacar monyet adalah endemik di beberapa bagian Afrika Barat dan Tengah, di mana ia dapat dibawa dari hewan liar yang terinfeksi seperti tikus dan tupai.

Original Source

Topik Menarik