AS Klaim Sukses Uji Coba Senjata Hipersonik

AS Klaim Sukses Uji Coba Senjata Hipersonik

Global | okezone | Rabu, 18 Mei 2022 - 16:03
share

WASHINGTON - Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa mereka telah berhasil melakukan uji coba senjata hipersonik, yang terbang dengan kecepatan lima kali kecepatan suara.

Menurut pernyataan angkatan udara pada Senin (16/5/2022) Tes itu dilakukan pada Sabtu (14/5/2022) di lepas pantai California Selatan ketika sebuah pembom B-52 melepaskan Senjata Respons Cepat yang Diluncurkan Udara (ARRW).

"Setelah pemisahan dari pesawat, booster ARRW menyala dan terbakar selama durasi yang diharapkan, mencapai kecepatan hipersonik lima kali lebih besar dari kecepatan suara," kata pernyataan itu sebagaimana dilansir Reuters .

Amerika Serikat bukan satu-satunya negara yang mengembangkan senjata hipersonik, yang kecepatan dan kemampuan manuvernya membuat mereka sulit dilacak dan dicegat.

Rusia telah menembakkan rudal hipersonik ke sasaran di Ukraina dan China telah menguji senjata hipersonik, kata pejabat militer AS. Pada Oktober, Kementerian luar negeri China membantah bahwa pihaknya telah melakukan uji coba senjata.

Topik Menarik