Pilot Sakit, Penumpang AS Daratkan Pesawat

Pilot Sakit, Penumpang AS Daratkan Pesawat

Global | rm.id | Sabtu, 14 Mei 2022 - 08:35
share

Kejadian heroik ini mirip adegan film. Seorang penumpang yang tidak memiliki pengalaman terbang, berhasil mendaratkan pesawat. Gara-garanya, pilot tiba-tiba sakit saat penerbangan melintasi pantai Atlantik Florida.

Dalam sebuah situs yang memuat transkrip percakapan antara pihak pesawat dengan pengatur lalu lintas udara disebutkan, seorang pria yang diketahui sebagai penumpang melapor pada petugas. Ia menyebut, pilot mengalami sakit serius sehingga tidak bisa mengendalikan pesawat.

Saya menghadapi situasi serius di sini, kata penumpang pemberani itu di situs web LiveATC.net , dikutip Associated Press , kemarin.

Dalam transkrip itu juga tertulis, bahwa sang penumpang tidak bisa menerbangkan pesawat. Pengontrol lalu lintas udara di Fort Pierce, Florida, Amerika Serikat, lalu menanggapi, dan memastikan pada penumpang itu tahu posisi pesawat bermesin tunggal Cessna 208 itu.

Saya tidak tahu. Saya bisa melihat pantai Florida di depan saya, dan saya tidak tahu, jawab penumpang itu.

Menurut data dari Administrasi Penerbangan Federal (FAA), pesawat itu membawa pilot dan dua penumpang. Pejabat FAA belum mengidentifikasi salah satu dari mereka.

Saat pesawat terbang di atas Florida, pemandu Christopher Flores, berbicara dengan tenang dan mengatakan kepada penumpang itu agar mempertahankan ketinggian sayap dan mencoba mengikuti pantai, baik ke utara atau selatan.

Twin Control di Cessna 280 memungkinkan pengemudi dadakan itumengemudi dari kursi penumpang. Beberapa menit berlalu sebelum pengendali dapat menemukan pesawat, yang saat itu sedang menuju utara di atas Boca Raton.

Kemudian suara pria itu lambat laun tak terdengar, sehingga pengontrol di Fort Pierce meminta nomor ponselnya sehingga memungkinkan pengontrol di Bandara Internasional Palm Beach untuk berkomunikasi dengannya lebih jelas.

Pengatur lalu lintas udara Robert Morgan yang telah berpengalaman selama 20 tahun, mengambil alih kendali pada saat itu. Ia memandu penumpang untuk mendarat dengan aman. Morgan adalah instruktur penerbangan bersertifikat dengan pengalaman mengemudikan pesawat Cessna, kata FAA.

Dalam rekaman itu, Morgan terdengar mengajari pria itu untuk mendorong ke depan pada kontrol dan turun dengan kecepatan yang sangat lambat saat dia mendekati pendaratan.

"\'Sebelum saya menyadarinya, dia berkata, \'Saya sudah mendarat. Bagaimana cara mematikannya?\'" kenang Morgan.

Penumpang itu kemudian bertemu dengan Morgan di landasan, di mana mereka berpelukan dan mengambil foto. Namun namanya belum dirilis.

Saya merasa seperti akan menangis saat itu, karena saya memiliki begitu banyak adrenalin, kata Morgan kepada CNN. Itu adalah momen yang emosional.

Pengemudi dadakan itu mengatakan bahwa dia hanya ingin pulang ke rumah istrinya yang sedang hamil.

Di mata saya, dia adalah pahlawan.Saya hanya melakukan pekerjaan saya," lanjutnya.

Morgan terdengar dalam rekaman memuji penumpang heroik itu di depan pilot lain di landasan. Anda baru saja menyaksikan penumpang mendaratkan pesawat itu, katanya.

Pilot lain menanggapi. Ya Tuhan. Kerja bagus.

Kami belum pernah mengalami hal seperti itu. Saya merasa seperti di film, kata Morgan.

FAA mengatakan, pesawat itu terdaftar dengan alamat di negara bagian Connecticut. Pesawat itu lepas landas sekitar satu jam sebelumnya dari Pelabuhan Marsh di Bahama, menurut pelacak penerbangan FlightAware.

Pilot diangkut ke rumah sakit Palm Beach County Fire Rescue. Nama dan kondisi pilot belum dirilis. ***

Topik Menarik