Kremlin Bantah Rusia Hentikan Pasokan Gas Ke Finlandia

Kremlin Bantah Rusia Hentikan Pasokan Gas Ke Finlandia

Global | rm.id | Jum'at, 13 Mei 2022 - 21:44
share

Kremlin membantah mentah-mentah beritayang menyebut Rusia akan menyetop pasokan gas ke Finlandia, mulai Jumat (13/5). Sebagaimana ramai dipublikasikan oleh media di negara yang dipimpin PM Sanna Marin.

"Gazprom menyuplai gas kepada beragam konsumen di Eropa. Termasuk, anggota NATO," kata Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov dalam conference call bersama para jurnalis, seperti dilansir CNN International, Jumat (13/5).

"Berita itu hanya hoax belaka," imbuhnya.

Peskov mengaku tak paham betul soal tagihanyang ditetapkan raksasa energi Rusia.

Terlebih, saat iniPresiden RusiaVladimir Putin telah menetapkanaturanpembayaran baru,untuk pasokan gas melalui Gazprom.

Masuk NATO

Pemerintah Finlandia berencana menerbitkan buku putih kedua pada Minggu (15/5), yang antara lain memuat rencana bergabungdengan NATO.

Hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto, Kamis (12/5).

Usulan itu kemudian akan diagendakan ke dalam pemungutan suara parlemen, dengan pleno yang dijadwalkan Senin (16/5)pagi waktu setempat.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan, akses Finlandia ke NATO menandai perubahan radikal dalam kebijakan luar negeri negara itu. Mereka pun memperingatkan adanya kemungkinan tindakan balasan.

"Rusia akan dipaksa untuk mengambil langkah-langkah pembalasan, baik yang bersifat teknis-militer ataulainnya, untuk menghentikan ancaman terhadap keamanan nasional yang mungkin terjadi," jelas Peskov.

Akhir April lalu, raksasa gas Rusia Gazprom mengatakan, pihaknya akanmenghentikan pasokan ke perusahaan gas Polandia PGNiG dan Bulgargaz Bulgaria. Menyusul penolakan kedua negara tersebut untukmemenuhi permintaan Moskow, agar melakukab pembayaran dengan mata uang rubel. Bukaneuro atau dolar Amerika Serikat. [HES]

Topik Menarik