Saat Jokowi Ambil Posisi Tengah dan Dapat Kesempatan Pertama Membalas Joe Biden

Saat Jokowi Ambil Posisi Tengah dan Dapat Kesempatan Pertama Membalas Joe Biden

Global | wartaekonomi | Jum'at, 13 Mei 2022 - 15:00
share

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berfoto bersama para pemimpin negara ASEAN dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC, Kamis (12/5/2022) waktu setempat atau Jumat (13/5/2022) pagi waktu Indonesia.

Presiden Jokowi bersama para pemimpin negara itu membelakangi ruang Oval Gedung Putih atau menghadap Monumen Nasional saat sesi foto.

Ada sebelas pemimpin negara, termasuk Joe Bidenyang berfoto bersama. Mereka berada di atas panggung biru sederhana yang bertuliskan US-ASEAN Special Summit 2022.

Joe Biden tepat berada di tengah. Di sisi kiri Biden, Presiden Jokowi berdiri. Sementara di sisi kiri Joe Biden, ada Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah.

Seusai foto bersama itu, Presiden Jokowi dan pemimpin negara lainnya kemudian menuju Blue Room untuk mengikuti jamuan santap malam.

Dalam jamuan santap malam tersebut, Presiden Jokowi mendapatkan kehormatan untuk membalas toast Presiden Biden.

Dalam pernyataan pengantartoast, Presiden Jokowi menyebut bahwa KTT Khusus ASEAN-AS merupakan momentum tepat untuk memperkuat kemitraan ke depan.

Dia juga menyambut baik secara prinsip kesepakatan ASEAN-AS untuk memiliki kemitraan strategis komprehensif. Kemitraan Strategis Komprehensif merupakan status kemitraan yang paling tinggi.

"Kemitraan ini sangat penting di tengah situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian saat ini. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mengangkat gelas bagi kemitraan ASEAN-AS yang terus berkontribusi bagi penguatan nilai multilateralisme, perdamaian dan stabilitas kawasan, motor penggerak kesejahteraan kawasan," ujar Presiden Jokowi.

Sekitar pukul 20.00 WS, jamuan santap malam tersebut selesai dan Presiden Jokowi meninggalkan Gedung Putih untuk kembali menuju Hotel Ritz-Carlton.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut, yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Topik Menarik