Makan Malam di Gedung Putih, Jokowi Dapat Kehormatan Balas Toast Joe Biden

Makan Malam di Gedung Putih, Jokowi Dapat Kehormatan Balas Toast Joe Biden

Global | inewsid | Jum'at, 13 Mei 2022 - 11:38
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama para pemimpin negara ASEAN menghadiri jamuan santap malam di Gedung Putih, Washington DC, Kamis malam waktu setempat atau Jumat (13/5/2022) pagi WIB.

Jokowi berangkat dari tempat menginap di Hotel Ritz-Carlton ke Gedung Putih dan langsung disambut Presiden Joe Biden. Kedua pemimpin berfoto bersama dilanjutkan dengan menandatangani buku tamu kenegaraan.

Setelah itu Jokowi bersama para pemimpin negara ASEAN lain melakukan sesi foto menghadap Monumen Nasional. Setelah itu Jokowi menuju Blue Room untuk mengikuti jamuan santap malam.

Saat jamuan tersebut, Presiden Jokowi mendapat kehormatan untuk membalas toast Biden. Dalam pernyataan pengantar, Jokowi menyebut bahwa KTT Khusus ASEAN-AS merupakan momentum yang tepat untuk memperkuat kerja sama kedua pihak ke depan. Presiden juga menyambut baik secara prinsip kesepakatan ASEAN-AS untuk memiliki kemitraan strategis komprehensif. Kemitraan Strategis Komprehensif merupakan status kemitraan yang paling tinggi.

Kemitraan ini sangat penting di tengah situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian saat ini. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mengangkat gelas bagi kemitraan ASEAN-AS yang terus berkontribusi bagi penguatan nilai multilateralisme, perdamaian, dan stabilitas kawasan, motor penggerak kesejahteraan kawasan, ujar Jokowi, dalam keterangan yang diterbitkan Sekretariat Kabinet RI.

Jamuan santap malam berakhir sekitar pukul 20.00 waktu setempat. Turut mendampingi Jokowi dalam kesempatan itu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Topik Menarik