Mengapa Qatar Semakin Tajir karena Perang Rusia Ukraina? Ini Jawabannya

Mengapa Qatar Semakin Tajir karena Perang Rusia Ukraina? Ini Jawabannya

Global | okezone | Jum'at, 13 Mei 2022 - 06:10
share

QATAR Invasi Rusia ke Ukraina ternyata berdampak besar terhadap Qatar. Pasalnya, negara emirat di Timur Tengah ini menjadi salah satu negara yang semakin kaya imbas adanya perang Rusia dan Ukraina. Bersama Australia, Qatar merupakan pengekspor gas alam cair (LNG) terbesar di dunia dan berpotensi menjadi sekutu komersial bagi negara-negara Uni Eropa, yang hampir 40% kebutuhan gasnya didapat dari Rusia.

Ketergantungan energi Eropa terhadap Rusia bukan menjadi masalah besar sampai Kremlin memutuskan untuk menyerang Ukraina pada bulan Februari lalu, yang membuat hubungan komersial kedua pihak di ambang kehancuran.

Eropa telah memulai kesepakatan jangka panjang untuk meningkatkan impor gas dari negara lain, tetapi langkah ini bukan solusi yang cukup untuk mengimbangi potensi kerugian jika menghentikan impor gas Rusia.

Dengan jumlah kekayaan per kapita yang lebih besar dari Swiss atau Amerika Serikat, Qatar tampaknya sedang berada di jalur yang sempurna untuk menjadi lebih kaya. Bukan hanya dari Eropa, permintaan LNG juga tumbuh di negara-negara belahan bumi lain. Saat ini, hampir 80% ekspor LNG Qatar ke Asia, dengan Korea Selatan, India, China, dan Jepang sebagai pembeli utama.

Topik Menarik