Suhu Terpanas di Dunia, Kuwait Bisa Tembus 63 Derajat Celcius

Suhu Terpanas di Dunia, Kuwait Bisa Tembus 63 Derajat Celcius

Global | okezone | Jum'at, 13 Mei 2022 - 05:07
share

JAKARTA - Cuaca panas sedang menyita perhatian akhir-akhir ini. Pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut suhu panas maksimum di wilayah Indonesia mencapai 33-36,1C terhitung sejak tanggal 1-7 Mei 2022.

Banyak yang berpendapat bahwa naiknya suhu belakangan ini merupakan fenomena gelombang panas atau heatwave, seperti yang terjadi di wilayah Eropa dan Amerika. Namun BMKG telah memastikan bukanlah gelombang panas yang menjadi penyebab cuaca terik yang sedang terjadi.

Mengutip dari BBC, Badan Meteorologi Inggris mengungkapkan bahwa suhu tahunan bumi akan naik lebih dari 1,5C untuk lima tahun ke depan. Jadi, selama 2022 hingga 2026, dipastikan akan ada rekor suhu terpanas. Berikut ini, adalah catatan suhu terpanas yang pernah terjadi di dunia, dilansir dari berbagai sumber.

1. Death Valley, 2020

Badan Cuaca Nasional AS memverifikasi bahwa rekor suhu terpanas yang pernah ada di bumi dipecahkan oleh kawasan Taman Nasional Death Valley, Negara Bagian California, Amerika Serikat. Suhunya mencapai 54,4C. BBC melansir tingginya suhu terjadi setelah adanya pemadaman listrik selama dua hari di California. Sebelumnya, Furnace Creek, Death Valley juga mengalami suhu panas seperti ini, yakni pada tahun 2013, dengan suhu 54C. Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengungkapkan bahwa suhu tinggi akibat gelombang panas rata-rata menyebabkan angka kematian jauh lebih banyak daripada cuaca ekstrem lain di Amerika Serikat.

Topik Menarik