Tak Tanggung-Tanggung, Korut Tembakkan 3 Rudal Sekaligus Berkecepatan 6.100 Km per Jam

Tak Tanggung-Tanggung, Korut Tembakkan 3 Rudal Sekaligus Berkecepatan 6.100 Km per Jam

Global | inewsid | Kamis, 12 Mei 2022 - 20:22
share

SEOUL, iNews.id - Korea Utara (Korut) ternyata menembakkan tiga rudal balistik sekaligus dalam uji coba pada Kamis (12/5/2022), hari yang sama dengan diumumkannya kasus Covid-19 pertama negara itu. Rudal ditembakkan dari fasilitas Sunan, Pyongyang, ke laut di lepas pantai timur.

Penjaga Pantai Jepang mengonfirmasi peluncuran rudal balistik. Proyektil itu jatuh di luar zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan menyatakan ada tiga rudal balistik jarak pendek yang ditembakkan dari Sunan. Lokasi peluncuran juga digunakan saat Korut menembakka rudal balistik terbesarnya, Hwasong-17 pada pada 24 Maret lalu.

Disebutkan pula rudal menjangkau target sejauh 360 km dengan ketinggian maksimum 90 km dan melesat 5 kali kecepatan suara (Mach 5) atau setara 6.174 km per jam.

Peluncuran rudal ke-16 kali sepanjang 2022 itu dilakukan beberapa jam setelah Korut melaporkan kasus virus corona pertama sejak pandemi pada awal 2020.

Sebelum ini, Korut menguji coba rudal pada Sabtu pekan lalu, yakni proyektil balistik yang ditembakkan dari kapal selam.

Pemimpin Korut Kim Jong Un sebelumnya berjanji akan mempercepat pembangunan persenjataan nuklir di tengah mandeknya pembicaraan denuklirisasi dengan Amerika Serikat.

Di sisi lain AS yakin Korut sedang mempersiapkan uji coba senjata nuklir, menyusul peningkatan aktivitas di sebuah fasilitas percobaan. Jepang dan Korsel juga meyakini uji coba senjata nuklir Korut bakal dilakukan bulan ini.

Topik Menarik