Korut Laporkan Kasus Covid Pertama, Kim Jong Un Perintahkan Lockdown Nasional

Korut Laporkan Kasus Covid Pertama, Kim Jong Un Perintahkan Lockdown Nasional

Global | inewsid | Kamis, 12 Mei 2022 - 08:53
share

SEOUL, iNews.id - Pemimpin Korea Utara (Korut) memerintahkan penerapan lockdown di semua wilayah negaranya menyusul temuan kasus Covid-19, Kamis (12/5/2022). Ini merupakan laporan resmi pertama kasus infeksi virus corona di Korut sejak pandemi pada awal 2020.

Otoritas mengungkap kasus infeksi melibatkan subvarian Omicron BA.2 di Ibu Kota Pyongyang, namun tak memberikan rincian lebih lanjut, termasuk sumber penularannya.

"Ada insiden darurat terbesar di negara ini, pada lubang di bagian terdepan karantina darurat kami, yang telah disimpan dengan aman selama 2 tahun 3 bulan terakhir sejak Februari 2020," demikian laporan kantor berita KCNA.

Laporan mengungkap, sampel orang yang terinfeksi itu diperoleh pada 8 Mei.

Sementara itu Kim memerintahkan semua kota dan kabupaten di-lockdown untuk mencegah penyebaran. Pemerintah juga akan memasok peralatan medis cadangan darurat.

Temuan kasus pertama Covid-19 ini disampaikan saat Kim memimpin pertemuan Partai Pekerja membahas tanggapan terhadap wabah virus corona.

Kim mengatakan kepada jajarannya tujuan sistem karantina darurat adalah mengendalikan dan mengelola penyebaran virus corona dan di saat yang sama menyembuhkan orang yang terinfeksi dan menghilangkan sumber penularan dalam jangak waktu sesingkat mungkin.

Korut sebelumnya tak pernah melaporkan satu pun kasus Covid-19 yang memicu pertanyaan besar dari para pejabat Korea Selatan dan Amerika Serikat. Padahal China yang bertetangga dengan Korut merupakan sumber asal muasal virus corona dan tetangga lainnya, Korsel, juga beberapa kali mengalami gelombang penularan.

Di samping itu Korut menolak bantuan vaksin Covid-19 melalui program berbagi global COVAX serta vaksin Sinovac dari China.

Topik Menarik