Loading...
Loading…
Unik Tapi Nyata, 5 Tempat Ini Miliki Nama Sangat Panjang hingga 85 Huruf

Unik Tapi Nyata, 5 Tempat Ini Miliki Nama Sangat Panjang hingga 85 Huruf

Global | telisik.id | Rabu, 11 Mei 2022 - 10:51

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap negara di seluruh dunia tentu memiliki tempat dan daerah masing-masing dengan nama yang mewakili wilayahnya. Dan biasanya pemberian nama tersebut memiliki kata yang cukup singkat guna mempermudah pengucapan.

Namun ternyata ada juga tempat-tempat di berbagai negara yang memberi nama wilayahnya dengan nama yang sangat panjang. Tak cuma panjang, pengucapannya pun sangat rumit karena menggunakan banyak huruf konsonan.

Mengutip dari merdeka.com, walau sebagian besar disebut dengan nama yang lebih singkat, namun nama resminya yang super panjang itu masih dipertahankan di dokumen-dokumen resmi.

Nah, berikut adalah lima tempat yang memiiki nama terpanjang yang dirangkum dari World Atlas:

1. Taumatawhakatangihangakoauauotamatea-turipukakapikimaungahoronukupokaiwhenuakitanatahu - Selandia Baru

Tempat dengan nama terpanjang di dunia jatuh pada Taumatawhakatangihangakoauauotamateaturipukakapikimaungahoronukupokaiwhenuakitanatahu. Tempat tersebut merupakan sebuah bukit di dekat Porangahau, Hawke\'s Bay, Selandia Baru.

Bukit ini memiliki tinggi 305 meter dan terkenal karena namanya yang sangat panjang. Walaupun begitu, namanya lebih sering disingkat menjadi Taumata.

Dilansir dari wikipedia.org, Taumata sendiri memiliki jumlah 85 huruf terdaftar di Guinness World Records sebagai nama tempat terpanjang di dunia. Dalam New Zealand Geographic Placenames Database, Bentuk pendeknya ialah "Taumatawhakatangihangakoauauotamateapokaiwhenuakitanatahu" dengan total 57 huruf.

Dalam Bahasa Inggris diterjemahkan sebagai "Bukit permainan flute oleh Tamatea yang ditiup kemari dari jauh, memiliki penis yang telah disunat, merumputi lututnya dengan memanjat pegunungan, jatuh ke Bumi, dan mengelilingi daratan menuju orang yang dicintainya."

2. Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch - Inggris

Namanya terdiri dari 58 huruf, sehingga menjadi tempat dengan nama terpanjang di Inggris dan Eropa. Letaknya di Wales, Kepulauan Anglesey. Ini adalah nama pedesaan berpenduduk padat yang namanya sering disingkat menjadi Llanfairpwll atau Llanfair PG.

Awalnya tempat ini bernama Llanfair Pwllgwyngyll, lalu diubah menjadi namanya yang sekarang pada tahun 1860 untuk keperluan promosi. Nama yang sangat panjang itu diharapkan bisa mendatangkan turis.

3. Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg - Amerika Serikat (AS)

Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg berada di Webster, Massachusetts, Amerika Serikat atau lebih sering disebut dengan nama Danau Webster, sebab nama resminya memang kelewat sulit diucapkan.

Nama tempat ini berasal dari dialek Nipmuc yang termasuk bahasa Algonquian. Jika diterjemahkan artinya adalah \'titik memancing yang berada di perbatasan dan termasuk titik temu netral\'. Danau ini memang dekat dengan perbatasan Massachusetts dan Connecticut.

4. Tweebuffelsmeteenskootmorsdoodgeskietfontein - Afrika Selatan

Ini adalah nama lahan pertanian di Provinsi Barat Laut, sekitar 200 kilometer dari Pretoria. Nama tempat ini berasal dari bahasa Afrika yang berarti \'mata air di mana dua kerbau terbunuh dengan satu tembakan.\'

5. Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea - Spanyol

Karena terdiri dari 39 huruf, Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea menjadi nama tempat terpanjang kelima di dunia, terpanjang kedua di Eropa, dan terpanjang di Spanyol. Tempat ini dinamai sesuai bahasa Bosque. Jika diartikan, nama tempat itu berarti \'padang rendah di tanah tinggi Azpilkueta.\'

Itulah 5 tempat di dunia yang memiliki nama terpanjang, bagaimana menurutmu? (C)

Reporter: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Original Source

Topik Menarik