Loading...
Loading…
Argentina Berharap Jadi Pemasok Gas ke Eropa, Mau Gantikan Rusia?

Argentina Berharap Jadi Pemasok Gas ke Eropa, Mau Gantikan Rusia?

Global | inewsid | Rabu, 11 Mei 2022 - 06:37

BUENOS AIRES, iNews.id Argentina berharap menjadi pemasok gas alam cair (LNG) ke Eropa dalam beberapa tahun mendatang. Akan tetapi, negara Amerika Latin itu membutuhkan dana besar untuk membangun infrastruktur yang diperlukan untuk meningkatkan kapasitas produksi gasnya.

Saat ini kami sedang membangun pipa gas pertama, yang akan memungkinkan kami untuk menjadi mandiri (lepas dari impor gas), ungkap Presiden Argentina Alberto Fernandez, dalam wawancara dengan lembaga penyiaran Spanyol, RTVE , Selasa (10/5/2022).

Kami perlu membangun pipa gas kedua untuk pabrik pencairan gas. Ini akan memakan waktu setidaknya tiga hingga empat tahun, ujarnya.

Fernandez mengatakan, saat ini sudah ada bebrapa perusahaan Argentina yang siap membangun infrastruktur itu. Namun, pemerintah masih membutuhkan dana untuk membiayai proyek energi tersebut.

Saya mengatakan kepada Perdana Menteri Sanchez (PM Spanyol Pedro Sanchez) bahwa saya yakin kita (Argentina dan Spanyol) dapat bersinergi dengan sangat baik (untuk membangun proyek itu), katanya.

Presiden Fernandez mengatakan, Spanyol memiliki kapasitas untuk meregasifikasi gas alam cair.

Kami (Argentina) dapat membuat kesepakatan untuk menjadi pemasok LNG ke Spanyol. Dan, dari Spanyol, untuk memasok ke negara-negara Eropa lainnya, ini adalah proyek yang kami miliki selama tiga tahun. Untuk itu, kami membutuhkan pembiayaan, ucapnya.

Kami memiliki sebagian pendanaan dari para pengusaha kami, kami membutuhkan lebih banyak dana lagi, kata Fernandez.

Beberapa negara Eropa mengancam akan menghentikan impor gas alam dari Rusia. Hal itu sebagai bentuk respons mereka atas agresi militer Moskow ke Ukraina.

Akan tetapi, sanksi semacam itu dinilai sebagian kalangan bakal merusak ekonomi Eropa sendiri. Pasalnya, sekitar 40 persen pasokan gas di negara-negara Uni Eropa berasal dari Rusia.

Original Source

Topik Menarik