Korut Tembakkan Rudal Balistik dari Kapal Selam, Jepang: Tak Bisa Diterima!

Korut Tembakkan Rudal Balistik dari Kapal Selam, Jepang: Tak Bisa Diterima!

Global | inewsid | Selasa, 10 Mei 2022 - 14:05
share

TOKYO, iNews.id - Rudal balistik yang ditembakkan Korea Utara (Korut) dari kapal selam pada Sabtu lalu diyakini sama dengan proyektil yang diluncurkan pada Oktober 2021 dari platform yang sama.

Rudal yang diluncurkan kali ini tampaknya model yang sama dengan rudal baru yang diluncurkan dari kapal selam pada 19 Oktober 2021, kata Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi, dikutip dari Reuters, Selasa (10/5/2022).

Kishi menambahkan rangkaian uji coba rudal tersebut tetap tidak bisa diterima, apalagi di tengah perang Rusia dan Ukraina.

"Rangkaian peluncuran rudal saat invasi ke Ukraina sedang berlangsung tidak bisa diterima," kata Kishi.

Uji coba tersebut dilakukan beberapa hari menjelang pelantikan presiden Korea Selatan (Korsel) yang baru Yoon Suk Yeol. Yoon dikenal sebagai politikus yang keras terhadap Korut. Pemerintahannya bahkan meminta Amerika Serikat (AS) untuk menempatkan kembali pesawat pengebom di Korsel.

Korut menguji coba rudal balistik terbaru dari kapal selam yang ukurannya lebih kecil. Para analis menilai langkah tersebut merupakan upaya Korut untuk menyiagakan operasional kapal selam berpeluncur rudalnya.

Korut masuk dalam daftar negara yang memiliki kapal selam berpeluncur rudal, selain Amerika Serikat, Rusia, China, serta tetangganya Korea Salatan.

Topik Menarik