Seramnya Langit di China Berwarna Merah Darah, Ada Apa?

Seramnya Langit di China Berwarna Merah Darah, Ada Apa?

Global | sindonews | Senin, 9 Mei 2022 - 07:50
share

SHANGHAI - Fenomena langka dan menyeramkan, di mana langit berwarna merah darah, terjadi di sebuah kota di Provinsi Zhejiang, China timur.

Biro meteorologi lokal di Zhoushan, pada Minggu (8/5/2022), mengonfirmasi bahwa fenomena itu benar-benar terjadi pada hari Sabtu pekan lalu. Menurut biro tersebut, itu disebabkan oleh pembiasan dan hamburan cahaya, yang kemungkinan besar dari lampu kapal di pelabuhan.

Fenomena di Zhoushan tersebut diabadikan penduduk setempat dalam bentuk foto dan video. Pemandangan tak biasa ini juga menjadi salah satu trending topic di media sosial Weibo , di mana lebih dari 150 juta tampilan terhitung pada Minggu malam.

"Saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya. Sungguh mengherankan saya bahwa langit bahkan bisa berubah menjadi merah," kata salah satu pembuat video, seperti dikutip Global Times , Senin (9/5/2022).

Cuaca berkabut dan berawan di Zhoushan pada hari Sabtu dan gerimis pada saat langit berwarna merah darah. Menurut Biro Meteorologi Zhoushan, kondisi itu mungkin disebabkan oleh pantulan cahaya dari awan tingkat rendah.

"Saat kondisi cuaca bagus, lebih banyak air di atmosfer membentuk aerosol yang membiaskan dan menyebarkan cahaya kapal penangkap ikan dan membuat langit merah terlihat oleh publik," kata staf biro meteorologi.

Beberapa pengguna internet mengingat fenomena langit merah darah pernah muncul selama sembilan hari di banyak negara pada tahun 1770, yang diklaim oleh ilmuwan Jepang dalam sebuah artikel akademis pada tahun 2017 bahwa itu disebabkan oleh aktivitas matahari yang masif.

Seorang ahli dari tim peneliti fisika luar angkasa dari China University of Geosciences di Wuhan mengatakan kepada media bahwa aktivitas matahari dan geomagnetik pada hari Sabtu tenang dan tidak ada anomali signifikan dalam aktivitas matahari.

Penjelasan itu pada dasarnya mengesampingkan kemungkinan bahwa aktivitas geomagnetik dan matahari mengubah langit menjadi merah darah di Zhoushan.

Topik Menarik