Pendaki Rusia Meninggal Dunia saat Menuju Puncak Everest

Pendaki Rusia Meninggal Dunia saat Menuju Puncak Everest

Global | inewsid | Minggu, 8 Mei 2022 - 17:33
share

KATHMANDU, iNews.id Pendaki asal Rusia, Pavel Kostrikin, meninggal di Kamp I Gunung Everest. Kabar kematiannya dikonfirmasi oleh seorang pejabat Nepal, Minggu (8/5/2022).

Kostrikin (55) meninggal di kamp yang terletak di ketinggian sekitar 5.360 meter itu saat menjalani proses rotasi dan aklimatisasi menuju puncak gunung setinggi 8.848 meter itu pada Sabtu (7/5/2022).

Pendaki Rusia itu jatuh sakit di Kamp II dan meninggal setelah dibawa ke Kamp I, kata salah satu pejabat Departemen Pariwisata Nepal, Bhishma Kumar Bhattarai, kepada Reuters , akhir pekan ini.

Dia tidak memberikan perincian lebih lanjut terkait kematian Kostrikin.

Kamp II di rute punggungan tenggara normal di Everest terletak di ketinggian sekitar 6.400 meter.

Tim pendakian mengatakan, jenazah Kostrikin akan dibawa ke Kathmandu ketika kondisi cuaca membaik. Saat ini, cuaca di sekitar lokasi masih mendung.

Gunung Everest telah didaki 10.657 kali sejak puncaknya pertama kali ditapaki oleh Edmund P Hillary dan Tenzing Norgay pada 1953, dari sisi gunung Nepal dan Tibet. Menurut The Himalayan Database , sampai sejauh ini sudah 311 orang meninggal dunia saat berusaha menjajal jalur pendakian gunung tertinggi di dunia itu.

Seorang pendaki India tewas dalam pendakian puncak di Gunung Kanchenjunga Nepal, gunung tertinggi ketiga di dunia, kata seorang pejabat pendakian, Sabtu (7/5/2022) kemarin.

Bulan lalu, seorang pendaki Yunani dan pemandu Sherpa Nepal juga meninggal di puncak lainnya.

Mendaki gunung adalah kegiatan pariwisata utama di Nepal, sekaligus menjadi sumber utama pendapatan serta pekerjaan di negara itu. Sebanyak delapan dari 14 gunung tertinggi di dunia dari Pegunungan Himalaya ada di Nepal.

Lebih dari 900 pendaki gunung asing telah menerima izin untuk mendaki 26 puncak Himalaya di Nepal, termasuk 316 izin untuk Gunung Everest, selama musim pendakian berjalan saat iniyang berakhir pada Mei.

Topik Menarik