Loading...
Loading…
John Lee, Mantan Polisi Kepercayaan Beijing Terpilih Jadi Kepala Eksekutif Hong Kong

John Lee, Mantan Polisi Kepercayaan Beijing Terpilih Jadi Kepala Eksekutif Hong Kong

Global | koran-jakarta.com | Minggu, 08 Mei 2022 - 16:32

HONG KONG - Sebagai mantan polisi yang menjadi kepala keamanan Hong Kong, John Lee adalah orang yang dipercaya para pemimpin Tiongkok untuk memimpin kota Hong Kong dan menjadi letnan setia mereka, kata para analis dan orang dalam. Channel News Asia melaporkan, Minggu (8/5).

Lee (64) adalah kepala eksekutif Hong Kong berikutnya yang dipilih oleh komite kecil pada Minggu (8/5). Pemilihan tersebut merupakan puncak dari sebuah lomba tanpa kandidat lain yang dirancang dan diberkati Beijing.

Le memenangkan lebih dari 99 persen suara dari 1.461 anggota komite.

Kedudukan tertingginya menandai kebangkitan seorang pria yang karirnya telah mengangkatnya dari keluarga kelas pekerja ke kedudukan politik yang lebih tinggi di Hong Kong.

Kedudukan tersebut juga menempatkan Lee pada jabatan tinggi untuk pertama kalinya di kota itu. Pria yang memainkan peran kunci dalam pembubaran demonstrasi besar di Hong Kong dan tindakan keras politik Beijing setelahnya.

Orang dalam mengatakan, komitmen Lee untuk peran itu mendapatkan kepercayaan Tiongkok pada saat elit Hong Kong lain tidak kompeten dan tidak setia.

"John Lee adalah orang yang sangat dikenal pemerintah pusat. Karena ia selalu berinteraksi dan melakukan kontak dengan (Tiongkok) daratan," kata anggota parlemen pro-kemapanan dan tokoh bisnis terkemuka Michael Tien kepada AFP .

Baca Juga :
Dikenal Loyal Ke Beijing, John Lee Daftar Jadi Calon Kepala Eksekutif Hong Kong

Lai Tung-kwok, Menteri Keamanan Hong Kong sebelum Lee punya pandangan lain.

"Dia orang yang tahan uji. Jika ia benar-benar ingin menyelesaikan sesuatu, dia akan melakukan yang terbaik untuk mengatasi tantangan," kata Tung-kwok kepada AFP .

Original Source

Topik Menarik