Loading...
Loading…
Italia Sita Kapal Pesiar Mewah Milik Vladimir Putin

Italia Sita Kapal Pesiar Mewah Milik Vladimir Putin

Global | sindonews | Minggu, 08 Mei 2022 - 11:14

ROMA - Pemerintah Italia menyita kapal pesiar mewah milik Presiden Rusia Vladimir Putin awal pekan ini. Kapal pesiar senilai USD1 miliar itu disita sebagai bagian dari penyelidikan.

Setelah menghabiskan dua tahun berturut-turut di bawah inspeksi dan perbaikan di Marina di Carrara di pantai utara Tuscany, megayacht Scheherazade dikabarkan milik Kremlin kembali mengapung di atas air pada Selasa waktu setempat.

Dilaporkan bahwa pemiliknya, yang secara luas dikabarkan memiliki hubungan dengan presiden Rusia, bermaksud menggunakannya untuk melarikan diri dari perairan Eropa untuk menghindari sanksi yang dijatuhkan pada Rusia.

Namun, pada hari Jumat, polisi Italia menaiki kapal setinggi hampir 140 meter dan memberi tahu awak kapal bahwa kapal tidak akan berlayar.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat, Kementerian Ekonomi dan Keuangan Italia mengatakan Menteri Ekonomi Daniele Franco telah menandatangani perintah yang mencegah kapal itu meninggalkan pelabuhan.

Kementerian itu mengatakan penyelidikannya - yang telah berlangsung sejak Maret di tengah pernyataan bahwa kapal itu dimiliki oleh Vladimir Putin - terungkap bahwa kapal itu memiliki hubungan ekonomi dan bisnis yang signifikan dengan elemen-elemen penting dari pemerintah Rusia dan dengan pihak lain yang dikenai sanksi Uni Eropa seperti dikutip dari New Zealand Herald , Minggu (8/5/2022).

Baca Juga :
Italia Sita Kapal Pesiar Mewah Senilai Rp10 Triliun, Diduga Milik Vladimir Putin

The New York Times melaporkan bahwa pejabat AS menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai salah satu "elemen penting".

Ia menambahkan pemilik superyacht adalah orang yang mengancam perdamaian dan keamanan internasional dan yang tindakannya merusak atau mengancam integritas teritorial, kedaulatan, dan kemerdekaan Ukraina.

Dalam pernyataan itu, Kementerian tidak mengungkapkan nama pemilik superyacht, karena Dewan Eropa perlu melakukannya terlebih dahulu. Namun mereka meminta Dewan Eropa menambahkan nama pemilik ke daftar sanksi mereka.

Pemerintah Italia yang memiliki sejarah menyita aset milik oligarki Rusia yang terkena sanksi menyita Scheherazade di bawah sanksi Uni Eropa yang dijatuhkan atas invasi Rusia ke Ukraina.

Telah dilaporkan oleh media Italia dalam beberapa pekan terakhir bahwa Scheherazade sebenarnya dimiliki oleh mantan kepala perusahaan minyak Rusia Rosneft, Eduard Khudainatov, yang saat ini tidak dikenakan sanksi apapun. Taipan minyak Rusia itu diduga terkait dengan Igor Sechin yang merupakan sahabat dekat Presiden Rusia dan saat ini dikenai sanksi.

Baca Juga :
AS dan Sekutunya Kejutkan Dunia di Tengah Perang Rusia-Ukraina

Sebuah laporan oleh New York Times mengungkapkan kapten galangan kapal Marina di Carrara - tempat superyacht berlabuh sejak akhir 2020 - telah membantah pernyataan bahwa kapal pesiar itu dimiliki atau digunakan oleh Presiden Rusia.

Original Source

Topik Menarik

{