2 Periode, Emmanuel Macron Dilantik Lagi Jadi Presiden Prancis

2 Periode, Emmanuel Macron Dilantik Lagi Jadi Presiden Prancis

Global | inewsid | Sabtu, 7 Mei 2022 - 22:13
share

PARIS, iNews.id Emmanuel Macron pada Sabtu (7/5/2022) ini diambil sumpahnya sebagai presiden Prancis untuk periode jabatan kedua. Pelantikan kepala negara Prancis itu berlangsung dalam upacara di Istana Elysee.

Macron berhasil mengantongi 58,5 persen suara pada putaran kedua Pemilu Presiden Prancis 2022. Di putaran tersebut, dia melawan tokoh sayap kanan, Marine Le Pen.

Dalam pidato singkatnya, Macron berbicara tentang perlunya inovasi di dunia dan Prancis menghadapi banyak tantangan baru. Dia juga mengatakan, masa jabatannya yang kedua adalah hal yang baru dan tidak semata-mata melanjutkan masa pertama.

Kita perlu menemukan metode baru bersama, jauh dari tradisi dan rutinitas yang melelahkan, ketika kita mampu membangun kesepakatan baru yang produktif, sosial dan ekologis, katanya.

Dia juga menyinggung soal ancaman yang ditimbulkan oleh agresi militer Rusia di Ukraina dan terhadap lingkungan global.

Di antara 500 tamu yang hadir dalam pelantikan Macron hari ini adalah mantan Presiden Prancis, Francois Hollande dan Nicolas Sarkozy; mantan Perdana Menteri Prancis, Edouard Philippe, Manuel Valls, Alain Juppe, dan Jean-Pierre Raffarin, serta; para pemimpin agama dan tokoh Prancis.

Macron menjadi presiden pertama tanpa pemerintahan koalisi yang terpilih kembali sejak pembentukan Republik Kelimasebutan bagi sistem pemerintahan Prancis yang berlaku saat inipada 1958.

Masa jabatan Macron yang baru secara formal akan dimulai pada 13 Mei malam dan perdana menteri Jean Castex masih tetap menjabat.

Topik Menarik