Italia Sita Kapal Pesiar Mewah Senilai Rp10 Triliun, Diduga Milik Vladimir Putin

Italia Sita Kapal Pesiar Mewah Senilai Rp10 Triliun, Diduga Milik Vladimir Putin

Global | inewsid | Sabtu, 7 Mei 2022 - 19:32
share

ROMA, iNews.id Pemerintah Italia pada Jumat (6/5/2022) memerintahkan penyitaan sebuah kapal pesiar mewah senilai sekitar 700 juta dolar AS (Rp10,15 triliun). Kapal itu dikaitkan oleh media setempat dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Scheherazade, kapal pesiar mewah enam dek yang kemilau itu, telah menjalani perbaikan di Pelabuhan Marina di Carrara, Italia, sejak September lalu. Akan tetapi, aktivitas baru-baru ini di dermaga menunjukkan bahwa kru kapal itu mungkin bersiap untuk melaut.

Kementerian Keuangan Italia menyatakan, penyelidikan menunjukkan pemilik kapal itu memiliki hubungan dengan elemen penting dari Pemerintah Rusia dan dengan orang-orang yang menjadi sasaran sanksi Uni Eropa terkait konflik di Ukraina.

Scheherazade memiliki dua landasan helikopter dan dapat menampung hingga 18 tamu dan 40 awak. Pemiliknya tidak pernah diidentifikasi secara publik. Namun, ada desas-desus bahwa itu milik Putin atau anggota lingkaran dalamnya.

Sumber yang mengetahui langsung penyelidikan kapal tersebut mengatakan, polisi Italia yakin pemiliknya adalah Eduard Khudainatov. Dia adalah mantan kepala perusahaan energi raksasa Rusia, Rosneft, yang saat ini tidak menjadi sasaran sanksi Uni Eropa.

Kementerian Keuangan Italia tidak menyebutkan nama pemiliknya. Tetapi, instansi itu mengatakan telah meminta Uni Eropa untuk menambahkan orang tersebut ke daftar sanksi dan telah memerintahkan agar kapal pesiar itu disita sambil menunggu keputusan.

Topik Menarik