22 Tewas Dalam Ledakan Hotel Saratoga Havana, Akibat Kebocoran Gas

22 Tewas Dalam Ledakan Hotel Saratoga Havana, Akibat Kebocoran Gas

Global | rm.id | Sabtu, 7 Mei 2022 - 18:41
share

Sebuah ledakan mematikan menghantam hotel bintang lima bersejarah di pusat kota Havana, Kuba, Jumat (6/5). Ledakan itu merobek beberapa lantai tinggi di sisi gedung, menewaskan sedikitnya 22 orang dan melukai lebih dari 70 lainnya.

Diyakini ledakan itu berasal dari bocornya tanker gas yang ada di luar Hotel Saratoga di Old Havana.

"Dalam kasus apa pun itu bukan bom atau serangan. Itu hanya kecelakaan yang sangat disayangkan," kata Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel,kepada Reuters saat meninggalkan Rumah Sakit Calixto Garcia, tempat korban di rawat.

Presiden juga mengunjungi lokasi ledakan dan menyampaikan bela sungkawa mendalam kepada orang-orang yang merupakan keluarga korban.

Sebagaimana diketahui, ledakan yang terjadi pagi hari itu telah menghancurkan empat lantai pertama dan menyebabkan awan debu dan asap mengepul ke udara.

Ledakan menghancurkan sebagian besar fasad, meledakkan jendela dan menghancurkan mobil yang diparkir di luar hotel. Kubah Gereja Baptis di dekatnya juga runtuh. Hotel itu memiliki 96 kamar, dua bar, dua restoran, dan kolam renang di puncak gedung, yang kini sedang direnovasi.

Hotel itu masih belum menerima tamu namun para pekerja sedang mempersiapkan pembukaan kembali hotel dalam waktu empat hari. Roberto Enrique Calzadilla, perwakilan dari perusahaan militer yang mengoperasikan banyak hotel-hotel di negara itu yang mengonfirmasinya.

Menurut Kementerian Kesehatan,ledakan itu mengguncang sekolah terdekat dengan lebih dari 300 siswa. Setidaknya 15 anak terluka, dan 1 anak lainnya terluka.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Kuba, Juan Carlos Garcia, mengatakan, tidak ada orang asing yang tewas atau terluka dalam ledakan itu, menurut laporan awal.

"Para pekerja sedang melakukan perbaikan dan melakukan semua pekerjaan untuk membuka properti," ujarnya.

"Dan di pagi hari mereka memasok gas dan tampaknya beberapa kecelakaan menyebabkan ledakan."

Saat ledakan itu terjadi, orang-orang di sepanjang jalan sedang menunggu taksi.

Hotel Saratoga merupakan salah satu hotel ikonik dan bersejarah di Havana. Hotel yang dibangun pada tahun 1930-an ini baru kembali dibuka sejak 2005setelah diperbaiki.***

Topik Menarik