Xi Jinping Kirim Peringatan Kepada Siapa Pun yang Pertanyakan Kebijakan Nol-COVID

Xi Jinping Kirim Peringatan Kepada Siapa Pun yang Pertanyakan Kebijakan Nol-COVID

Global | sindonews | Jum'at, 6 Mei 2022 - 16:22
share

BEIJING - Pemimpin tertinggi China Xi Jinping mengeluarkan peringatan terkuat terhadap siapa pun yang mempertanyakan kebijakan nol-COVID negara itu, karena penguncian yang ketat dan sering memicu ketidakpuasan publik dan memberikan pukulan telak bagi ekonomi China.

Pada pertemuan yang dipimpin oleh Jinping, Komite Tetap Politbiro tertinggi Partai Komunis China (PKC) yang berkuasa bersumpah untuk dengan teguh mematuhi kebijakan umum \'dinamis nol-COVID\', dan dengan tegas melawan kata-kata dan tindakan apa pun yang mendistorsi, meragukan atau menyangkal kebijakan pencegahan epidemi.

Ini adalah pertama kalinya Xi, yang menurut media pemerintah membuat "pidato penting" pada pertemuan itu, membuat pernyataan publik tentang pertempuran China melawan COVID-19 sejak kehebohan publik meletus atas penguncian ketat di Shanghai.

"Strategi pencegahan dan pengendalian kami ditentukan oleh sifat dan misi partai, kebijakan kami dapat bertahan dalam ujian sejarah, tindakan kami ilmiah dan efektif," kata komite beranggotakan tujuh orang itu, menurut kantor berita pemerintah China Xinhua.

"Kami telah memenangkan pertempuran untuk mempertahankan Wuhan, dan kami pasti akan dapat memenangkan pertempuran untuk mempertahankan Shanghai," sambung pernyataan itu seperti dikutip dari CNN, Jumat (6/5/2022).

Komite itu juga menuntut kader PKC memiliki pemahaman yang mendalam, utuh dan menyeluruh terhadap kebijakan-kebijakan yang ditetapkan oleh pimpinan pusat partai.

"Kita harus dengan tegas mengatasi masalah kesadaran yang tidak memadai, persiapan yang tidak memadai dan pekerjaan yang tidak memadai, dan dengan tegas mengatasi penghinaan, ketidakpedulian, dan pembenaran diri dalam pemikiran kita," katanya.

Bagi para analis yang telah lama mengamati politik China, peringatan keras itu adalah tanda bahwa telah terjadi penolakan internal terhadap kebijakan nol-COVID Xi Jinping dari dalam partai.

"Bahasa ini harus dibaca sebagai kritik langsung terhadap para pemimpin PKC lokal yang tidak spesifik yang telah mempertanyakan kebijakan di pusat, atau yang kurang berhasil dalam menerapkannya," tulis David Bandurski, co-direktur Proyek Media China.

"Dan sulit untuk tidak mendengar dalam ungkapan tentang \'pembenaran diri\' terhadap kecaman para pemimpin di Shanghai pada khususnya," tambah Bandurski.

Selama lima minggu terakhir, banyak penduduk Shanghai menggunakan media sosial untuk meminta bantuan dan melampiaskan kemarahan mereka atas kekurangan makanan yang parah dan kurangnya akses ke perawatan medis. Beberapa memprotes dari jendela mereka, membenturkan panci dan wajan dan berteriak frustrasi, yang lain bahkan bentrok dengan polisi dan petugas kesehatan di jalan-jalan - sebuah pemandangan langka di negara di mana perbedaan pendapat secara rutin ditekan.

Kejatuhan ekonomi yang parah juga telah menarik kekhawatiran dari para ekonom dan eksekutif bisnis, terutama mengingat peran Shanghai sebagai pusat keuangan terkemuka negara itu dan pusat manufaktur dan pengiriman utama. Pada bulan April, sektor jasa China, yang menyumbang lebih dari setengah PDB negara dan lebih dari 40% lapangan kerja, mengalami kontraksi pada laju paling tajam kedua dalam catatan, sementara sektor manufaktur juga menyusut.

Dan ketika Omicron menyebar di bagian lain China, semakin banyak pemerintah daerah yang memberlakukan penguncian cepat sebagai tanggapan atas hanya segelintir kasus. Di Beijing, di mana lebih dari 500 kasus telah dilaporkan sejak 20 April, banyak yang khawatir terhadap penguncian gaya Shanghai ketika pihak berwenang meluncurkan pembatasan yang semakin ketat.

Tetapi pernyataan terbaru dari para pemimpin tinggi negara itu telah memperjelas bahwa pemerintah China menggandakan pendekatannya dengan mengandalkan penguncian cepat, pengujian massal, dan karantina untuk menekan varian Omicron yang sangat menular di masa mendatang.

Wu Qiang, seorang analis politik di Beijing, mengatakan sejak April, pertanyaan tentang bagaimana pemerintah harus menangani wabah terburuk di negara itu sejak Wuhan telah berkembang menjadi "jalan perjuangan" di dalam partai.

"Pertama, ini adalah perjuangan apakah harus memilih \'dynamic zero-COVID\' atau pendekatan yang lebih fleksibel untuk melawan COVID; dan kedua, ini juga merupakan perjuangan apakah akan menjadikan pengendalian COVID atau pertumbuhan ekonomi sebagai prioritas," kata Wu. .

Dan dengan pernyataan terbaru, menurut Wu, jelas bahwa Xi telah memilih yang pertama dalam kedua "perjuangan".

Xi telah memberikan stempel pribadinya pada strategi nol-COVID China, dengan media pemerintah sering melaporkan bahwa ia telah "secara pribadi memerintahkan dan membuat pengaturan" untuk perjuangan negara itu melawan pandemi.

"Dalam hal itu, zero-COVID telah menjadi kebijakan yang tidak dapat disangkal, tidak dapat ditantang yang terkait erat dengan otoritas politiknya dan oleh karena itu tidak akan ada fleksibilitas dalam hal implementasinya," kata Wu.

Topik Menarik