Gedung Enam Lantai Runtuh, Tewaskan 53 Orang

Gedung Enam Lantai Runtuh, Tewaskan 53 Orang

Global | okezone | Jum'at, 6 Mei 2022 - 13:30
share

CHANGSHA Sebanyak 53 orang tewas saat sebuah gedung enam lantai runtuh di Kota Changsha, Provinsi Hunan, China tengah pekan lalu. Tim penyelamat pada Jumat (5/5/2022) menghentikan upaya penyelamatan setelah berhasil menarik seorang penyintas yang terperangkap di bawah puing-puing bangunan selama enam hari.

Presiden China Xi Jinping memerintahkan upaya penyelamatan habis-habisan dan penyelidikan menyeluruh setelah gedung itu runtuh pada 29 April 2022. Secara keseluruhan, 10 orang telah berhasil diselamatkan dari puing-puing bangunan, demikian diwartakan Reuters.

Sejauh ini penyebab insiden itu masih dalam penyelidikan. Pihak berwenang telah menangkap 9 orang terkait penyelidikan kasus ini. Empat orang didakwa menyebabkan kecelakaan tanggung jawab besar dan lima dituduh memberikan dokumen palsu.

Standar keselamatan dan konstruksi yang lemah, serta korupsi di kalangan pejabat lokal, telah menyebabkan sejumlah gedung runtuh di China.

Tim penyelamat di Changsha menggunakan metode tradisional untuk mendeteksi tanda-tanda kehidupan - mengetuk puing-puing, dan anjing pelacak - serta menggunakan drone .

Seorang korban selamat berhasil ditarik keluar pada Kamis (5/5/2022) pagi setelah terperangkap selama sekira 132 jam di bawah puing-puing. Seorang korban lain, yang diselamatkan berhasil diselamatkan setelah 88 jam, bertahan hidup dengan menjatah air minum dan menjaga badannya tetap hangat.

Topik Menarik