Gawat Memanas dan Rusia Makin Terjepit, Swedia Sebut Terima Jaminan Keamanan AS Jika Serahkan Lamaran ke NATO

Gawat Memanas dan Rusia Makin Terjepit, Swedia Sebut Terima Jaminan Keamanan AS Jika Serahkan Lamaran ke NATO

Global | koran-jakarta.com | Kamis, 5 Mei 2022 - 12:32
share

Stockholm - Swedia menerima jaminan keamanan dari Amerika Serikat bahwa pihaknya akan menerima dukungan selama pengajuan bergabung dengan NATO diproses oleh 30 negara dalam aliansi itu, demikian menurut Menteri Luar Negeri Ann Lindedi Washington pada Rabu.

Swedia dan Finlandia tetap berada di luar NATO selama Perang Dingin, tetapi aneksasi Rusia atas Krimea pada 2014 dan invasike Ukraina telah membuat negara-negara tersebut memikirkan kembali kebijakan keamanan mereka, yang kemungkinannya menjadi anggota NATO semakin besar.

Kedua negara itu khawatir mereka akan rentan selama proses pengajuan, yang bisa memakan waktu hingga satu tahun untuk disetujui oleh semua anggota NATO.

"Tentu saja, saya tidak akan merinci, tetapi saya merasa sangat yakin bahwa sekarang kami memiliki jaminan dari Amerika," kata Linde kepada TV Swedia dari Washington setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

"Namun, bukan jaminan keamanan konkret, yang hanya bisa Anda dapatkan jika Anda adalah anggota penuh NATO," tambahnya.

Linde menolak mengatakan jaminan apa yang dia terima dari Blinken.

"Jaminan-jaminan itu berarti bahwa Rusia dapat mengerti bahwa jika mereka mengarahkan segala jenis kegiatan negatif terhadap Swedia, yang mereka ancam, AS tak akan membiarkan ancaman itu terjadi ... tanpa tanggapan," katanya.

Menteri pertahanan Swedia bulan lalu mengatakan bahwa pengajuan untuk bergabung dengan NATO dapat memicu sejumlah tanggapan dari Rusia, termasuk serangan dunia maya dan langkah-langkah hibrida - seperti kampanye propaganda - untuk merongrong keamanan Swedia.

Moskow telah memperingatkan bahwa pihaknya dapat mengerahkan senjata nuklir dan rudal hipersonik di wilayah kantung Eropa Kaliningrad jika Swedia dan Finlandia menjadi anggota NATO.

Linde, yang sekarang akan melakukan perjalanan ke Kanada untuk membahas masalah keamanan dengan pemerintahnya, mengatakan Amerika Serikat sangat mendukung keanggotaan Swedia dan Finlandia di NATO, yang akan meningkatkan stabilitas di kawasan Baltik dan Arktik.

Baik Swedia maupun Finlandia diperkirakan membuat keputusan tentang apakah akan mendaftar untuk bergabung dengan NATO bulan ini.

Topik Menarik