Elliott Tanner, Remaja 13 Tahun Asal Minnesota Bergelar Sarjana Fisika

Elliott Tanner, Remaja 13 Tahun Asal Minnesota Bergelar Sarjana Fisika

Global | sindonews | Minggu, 1 Mei 2022 - 15:51
share

MINNESOTA - Seorang anak ajaib di bidang sains telah memukau para profesor dan teman-teman sekelasnya dengan menjadi lulusan perguruan tinggi pada usia 13 tahun. Elliott Tanner baru saja lulus dari University of Minnesota dengan gelar sarjana dalam fisika , dengan minor dalam matematika.

"Saya merasa sangat gembira," kata Elliott pada Live Science, Sabtu (30/4/2022). "Ini adalah pengalaman yang benar-benar nyata," lanjutnya.

Meski luar biasa, pencapaian ini tidak menjadikan Elliott lulusan perguruan tinggi termuda dalam sejarah Amerika Serikat. Gelar itu tetap milik Michael Kearney, yang lulus dari University of South Alabama dengan gelar sarjana antropologi pada tahun 1992 pada usia 10, menurut BBC.

Baca: Mahasiswa Termuda di Dunia, Ada yang Bekerja di NASA

Orang tua Elliott "sangat bangga" atas kerja keras dan dedikasi yang dia tunjukkan untuk mendapatkan gelarnya di usia yang begitu muda dan senang dia telah menjadi inspirasi bagi banyak orang.

"Meskipun dia memiliki kapasitas luar biasa untuk belajar, dia juga manusia yang baik dan lucu," ujar Michelle Tanner, ibu Elliott. "Dia menginspirasi kita untuk menjadi orang yang lebih baik setiap hari," lanjutnya.

Elliott berencana untuk mendapatkan gelar doktor jika orang tuanya dapat mengumpulkan dana yang diperlukan. Di masa depan, Elliott bertujuan untuk menjadi profesor di University of Minnesota dan menjadi ahli dalam fisika teoretis energi tinggi, studi tentang blok bangunan paling dasar dari materi dan gaya fundamental di antara mereka. "Saya tidak sabar untuk memulai," katanya.

Baca: Kisah Tiara, Wisudawan Termuda ITS Lulus di Usia 19 Tahun

Usia hanyalah angka

Orang tua Elliott pertama kali menyadari bahwa putra mereka berbakat sebelum dia mulai sekolah. Anak itu menunjukkan kemampuan bahasa dan matematika yang luar biasa sejak usia 3. Ketika dia berusia 5 tahun, Elliott mendaftar di taman kanak-kanak setempat, tetapi dengan cepat dikeluarkan dari sekolah ketika menjadi jelas bahwa pengalaman pendidikan tradisional tidak cocok untuknya.

"Dia berbicara tentang akselerator partikel ketika dia berusia 5 tahun, ketika anak-anak lain berpura-pura menjadi Superman di taman bermain," kata Michelle.

Elliott kemudian disekolahkan di rumah oleh orang tuanya, yang mendukung sifat ingin tahu dan seleranya akan pengetahuan sendiri. Pasangan itu mencoba membatasi Elliott pada kurikulum rekan-rekannya, tetapi terlepas dari upaya terbaik mereka, dia maju dengan kecepatan yang mencengangkan.

Baca: Umur 24 Tahun Sudah Jadi Doktor, Diva Belajar Super Cepat dan Dapat Berkah Doa Ibu

"Elliott akhirnya belajar dan mengonsumsi informasi lebih cepat daripada yang bisa kami berikan," kata Tanner. "Kamarnya penuh dengan buku pelajaran yang akan segera dia baca. Dia sering memilih untuk menghabiskan uang ulang tahunnya untuk membeli buku daripada mainan atau permainan," tambahnya.

Pada usia 9 tahun, Elliott telah menyelesaikan sebagian besar kurikulum sekolah menengah biasa, dan orang tuanya berjuang untuk mengikutinya. Jadi mereka mendaftarkannya di community college setempat.

"Sebagai orang tua, kami ketakutan. Tapi dia unggul, dan administrasi sekolah dan siswa lain membawanya di bawah sayap mereka," ungkapnya.

Di community college itulah Elliott benar-benar menempa hasratnya untuk fisika. "Untuk waktu yang lama, saya ingin menjadi ahli matematika," kata Elliott. "Kemudian saya dihadapkan pada kelas fisika yang sangat menggugah dan menginspirasi saya untuk belajar lebih banyak tentang rahasia dunia," tambahnya.

Baca: Musa Izzanardi Wijanarko Wisudawan Termuda ITB, Lulus di Usia 18 Tahun

Pengalaman kuliah yang unik

Ketika berusia 11 tahun, Elliott dipindahkan ke University of Minnesota untuk mulai belajar fisika dan matematika. Kemudahan transisi Elliott ke kehidupan kampus mengejutkan para profesor dan teman-teman sekelasnya yang jauh lebih tua.

"Kadang-kadang ada kebingungan singkat mengapa saya ada di sana [di kelas], tetapi itu cepat hilang," kata Elliott. Meskipun pengalaman kuliahnya sedikit berbeda dari teman-teman sekelasnya, Elliott masih bergaul dengan teman-temannya di ruang siswa, mendiskusikan pekerjaan rumah, berdebat topik fisika atau menonton film.

Topik Menarik