Memanas dan Menakutkan, Ada Apa Tiba-tiba Finlandia dan Swedia Sebut Siap Perkuat Militer, Apakah Akan Pecah Perang Dunia III

Memanas dan Menakutkan, Ada Apa Tiba-tiba Finlandia dan Swedia Sebut Siap Perkuat Militer, Apakah Akan Pecah Perang Dunia III

Global | koran-jakarta.com | Sabtu, 30 April 2022 - 07:22
share

Helsinki - Swedia dan Finlandia siap memperkuat kerja sama militer jika keamanan di wilayah Laut Baltik memburuk, misalnya selama proses kemungkinan bergabung dengan NATO, kata Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto.

"Apabila lingkungan keamanan kami menjadi semakin menantang tentunya kami dapat menambahkan rencana bilateral ... dan memasukkan semua sektor dalam kerja sama militer," katanya kepada awak media.

Invasi Rusia ke Ukraina memaksa Swedia dan Finlandia untuk meninjau ulang keyakinan lama bahwa netralitas militer adalah cara terbaik untuk menjamin keamanan nasional.

??????Kedua negara diharapkan dapat membuat keputusan untuk bergabung dengan aliansi militer dalam beberapa pekan mendatang.

Menteri Luar Negeri Swedia Ann Linde, yang berbicara setelah bertemu Haavisto di Helsinki, mengatakan Swedia telah melihat Rusia yang bereaksi terhadap tawaran Swedia dan Finlandia masukNATOdalam dua cara.

Pertamadengan memperingatkan konsekuensi dan kedua dengan meremehkan tentang pentingnya apakah NATO mempunyai 30 atau 32 anggota.

Rusia dua pekan lalu mengatakan bergabungnya Finlandia dan Swedia ke NATO akan memaksa Rusiauntuk memperkuat kehadirannya di wilayah Laut Baltik.

"Kami siap melawan setiap kemungkinanaktivitas Rusia," kata Linde.

Mengulangi posisinya yang sudah lama, Haavisto mengatakan dia berharap Finlandia dan Swedia akan mengambil keputusan yang sama di waktu yang sama pula.

"Tentunya apa yang akan diputuskan Finlandia akan sangat memengaruhi apa yang akan diputuskan oleh Swedia," ucapnya, seraya menambahkanbahwa Swedia belum membuat keputusan.

Topik Menarik